Media Planning

sources : www.about.com

 

Iklan dan publikasi adalah komponen utama dalam memasarkan bisnis Anda yang baru (sedang berkembang) kepada pelanggan atau prospek-prospek Anda. Karena tahapan pemasaran ini membutuhkan waktu dan uang, maka penting untuk Anda mengembangkan sebuah media plan sehingga Anda akan dapat menentukan aset anda yang paling bernilai.

Media Planning termasuk didalamnya adalah menentukan sasaran, membangun strategi dan dan membuat perencanaan jadwal media. Komponen-komponen ini haruslah masuk dalam perencanaan bisnis Anda.

 

 

Sasaran Media

Sebuah sasaran adalah TUJUAN, yaitu sesuatu yang Anda inginkan dalam bisnis anda. Termasuk tujuan media bisnis Anda dalam rencana bisnis Anda yang dapat membantu Anda menuju tujuan itu. Ini tidak mendefinisikan bagaimana Anda akan mencapai tujuan itu. Sebagai contoh, tujuan media untuk bisnis kecil dapat mencakup:

  • Mendapatkan awareness para penggila gadget diantara pembeli gadget di Indonesia
  • Membangun citra professional untuk Konsultan Anda dimata eksekutif perusahaan di Jakarta
  • Memaksimalkan efisiensi di manufacturing dan memasarkan produk dengan teknologi yang sudah kami patenkan

Untuk dapat menjadi sasaran yang mudah ditindaklanjuti, sasaran seharusnya dapat diukur. Sebagai contoh :

Misalnya, Widgets Bob dapat membentuk tujuan membangun kesadaran merek di pasar sampai survei pembelanja Tarif bisnis sebagai menempati dua teratas dalam kesadaran merek lokal.

Pastikan bahwa sasaran media dari bisnis Anda jelas dan terukur. Termasuk mereka yang ada dalam bisnis plan Anda.

 

 

Strategi Media

 

Tujuan media adalah “Apa”. Strategi media adalah “Bagaimana”.

Sebagai contoh Apakah Anda mendapatkan awareness pembeli? Membagikan kartu nama dengan melampirkan tagihan Rp 100.000? Menyewa pesawat untuk menarik spanduk iklan? Tempatkan iklan di media lokal yang dibaca oleh calon pembeli ? Para pemilik bisnis dapat menghabiskan banyak uang untuk mencapai tujuan jika mereka tidak memiliki strategi yang layak.

 

Bagaimana Anda bisa mengembangkan strategi media untuk bisnis Anda? Pertama, Anda perlu menentukan media apa yang tersedia untuk Anda. Siapa yang mencapai pelanggan potensial Anda? Surat kabar lokal atau pembeli? Radio atau stasiun televisi? Billboard? Media lain? Sponsor atau dukungan?

 

Setelah Anda telah mengidentifikasi media yang paling layak untuk pesan Anda, Anda perlu untuk memprioritaskan mereka dengan nilai. Akankah pembelanja lokal membawa Anda lebih prospek baru dibandingkan iklan billboard? Untuk latihan ini, Anda harus berbicara dengan perwakilan media utama. Ini akan menjadi pendidikan yang baik. Ini juga akan membantu Anda menganalisis media terbaik nilai di pasar Anda.

 

 

Penjadwalan Awal Media

Waktu sangat penting dalam bisnis. Ini terutama penting dalam mempromosikan bisnis Anda ke prospek dan pelanggan. Anda tidak dapat memiliki penjualan Natal di bulan Agustus. Sebenarnya, Anda bisa, tetapi Anda akan membuang-buang banyak modal untuk menarik prospek ketika mereka tidak siap untuk membeli.

 

Tidak tahu di mana media harus memulai? Mulailah dengan pesaing Anda. Media apa yang pesaing Anda gunakan? Lihatlah terutama pada pesaing terkemuka untuk prospek Anda. Anda mungkin memutuskan untuk mengikuti langkah mereka atau Anda dapat memilih untuk menggunakan media dimana mereka tidak ada. Kerjakan pekerjaan rumah Anda dan Anda akan mendapatkan nilai yang lebih baik.

Itulah kunci untuk penjadwalan media: Menarik pembeli ketika mereka siap untuk membuat keputusan. Itulah waktu terbaik untuk menjangkau mereka. Terbaik kedua adalah sebelum mereka membuat keputusan, tapi tidak begitu awal sehingga mereka lupa memesan Anda sebelum mereka siap untuk membeli.

 

Rencana bisnis Anda harus mencakup penjadwalan media sejak awal, daftar media utama yang akan Anda gunakan, kapan, dan bagaimana anggarannya. Anda tidak perlu menempatkan pesanan untuk media, tapi Anda harus memilih kendaraan yang paling tepat dan tahu bagaimana cara terbaik untuk menggunakannya untuk mengumpulkan prospek yang berharga.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger