5 Cara Untuk Bernegosiasi Lebih Efektif

source: www.about.com

 

“Berapa harga terbaikmu ?”  “Itu terlalu mahal”

 

“Kompetitormu menjual hal yang sama dengan….”

 

Kebanyakan penjual dan pemilik bisnis mendengar pernyataan ini setiap hari. Itu berarti penting untuk kita pelajari bagaimana melakukan negosiasi dengan lebih efektif. Berikut 5 strategi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan negosiasi dan mengarahkan lebih banyak rupiah untuk anda:

 

1) Belajarlah untuk tersentak.

MENYENTAK adalah salah satu taktik negosiasi tertua tapi salah satu yang masih digunakan. Sebuah sentakan adalah reaksi terlihat kepada tawaran atau harga. Tujuan dari taktik negosiasi ini adalah untuk membuat orang lain merasa tidak nyaman tentang tawaran yang mereka sajikan. Berikut adalah contoh dari cara kerjanya.

 

Seorang pemasok mengutip harga untuk layanan tertentu. Berkedip berarti Anda menanggapi dengan berseru, "Kau mau berapa banyak!??!"

Harusnya Anda muncul terkejut dan terkejut berarti “Apa mereka bisa cukup berani untuk meminta angka itu!??!”. Kecuali orang lain itu adalah negosiator yang berpengalaman, mereka akan menanggapinya dengan salah satu dari kedua cara ini : a) mereka akan menjadi sangat tidak nyaman dan mulai untuk mencoba untuk merasionalisasi harga mereka, b) mereka akan menawarkan konsesi segera.

 

2) Mengenali bahwa orang sering meminta lebih dari yang sebetulnya mereka harapkan.

Ini berarti Anda harus menahan godaan untuk secara otomatis mengurangi harga atau menawarkan diskon. Saya pernah meminta diskon besar untuk sepasang sepatu padahal sebetulnya saya hanya berharap untuk mendapatkan setengah dari apa yang saya minta. Saya terkejut ketika pemilik toko setuju untuk permintaan saya.

 

3) Seseorang dengan informasi yang paling banyak biasanya lebih baik.

Anda perlu belajar sebanyak mungkin tentang situasi orang lain. Ini adalah taktik negosiasi sangat penting bagi orang-orang penjualan. Tanyakan prospek Anda pertanyaan lebih lanjut tentang pembelian mereka. Pelajari apa yang penting bagi mereka serta kebutuhan dan keinginan mereka. Mengembangkan kebiasaan mengajukan pertanyaan seperti;

 

"Apa yang mendorong Anda untuk mempertimbangkan pembelian ini?"

"Siapa lagi yang sudah Anda ajak bicara tentang hal ini ?"

"Apa pengalaman Anda dengan hal ini ...?"

"Apa yang paling penting bagi Anda tentang hal ini?"

Hal ini juga penting untuk belajar sebanyak mungkin tentang pesaing Anda sebisa mungkin. Ini akan membantu Anda mengalahkan kemungkinan keberatan harga dan mencegah orang lain menggunakan pesaing Anda sebagai gantinya.

 

4) Praktek di setiap kesempatan.

Kebanyakan orang ragu untuk bernegosiasi karena mereka kurang percaya diri. Mengembangkan kepercayaan diri ini dengan melakukan negosiasi lebih sering. Mintalah diskon dari pemasok Anda. Sebagai konsumen, mengembangkan kebiasaan meminta potongan harga ketika Anda membeli dari toko ritel. Berikut adalah beberapa pertanyaan atau pernyataan yang dapat Anda gunakan untuk berlatih keterampilan negosiasi Anda:

 

"Anda harusnya memberikan lebih baik dari itu."

"Diskon apa yang bisa Anda tawarkan hari ini?"

"Itu terlalu mahal." Tunggu respons mereka setelah itu, lalu Belajarlah untuk menyentak.

Jadilah menyenangkan dan gigih tapi tidak menuntut. Kondisi diri Anda untuk bernegosiasi di setiap kesempatan akan membantu Anda menjadi lebih nyaman, percaya diri dan sukses.

 

5) Maintain your walk away power.

 

It is better to walk away from a sale rather than make too large a concession or give a deep discount your product or service. After attending my workshops, salespeople often tell that this negotiation strategy gives them the most leverage when dealing with customers. However, it is particularly challenging to do when you are in the midst of a sales slump or slow sales period. But, remember that there will always be someone to sell to.

 

Negotiating is a way of life in some cultures. And most people negotiate in some way almost every day. Apply these negotiation strategies and you will notice a difference in your negotiation skills almost immediately.

 

5) Menjaga Langkah Anda dengan penuh kekuatan.

 

Lebih baik menjauh dari diskon daripada membuat kesepakatan yang terlalu besar atau memberikan diskon besar produk atau jasa Anda.

Negosiasi merupakan cara hidup dalam beberapa kebudayaan. Dan kebanyakan orang dalam beberapa cara bernegosiasi hampir setiap hari. Terapkan strategi negosiasi dan Anda akan melihat perbedaan dalam keterampilan negosiasi Anda segera.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger