Arti Gelar Doktor

Apa yang Anda bayangkan tentang gelar Doktor? Mungkin ada banyak makna sebagaimana beragam pengalaman yang kita alami. Saya akan sharing sedikit tentang arti Doktor itu. Yah, mentang-mentang habis ikut Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Hermawan Kartajaya.

Sekitar dua minggu yang lalu, saya mendapat email dari The Marketeerstentang undangan untuk mengikuti Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Hermawan Kartajaya. Wah menarik, itu yang ada dipikiran sehingga saya langsung membalas email itu untuk menyatakan kehadiran saya. Saya diundang sebagai seorang blogger, catet itu, sebagai blogger. Identitas saya di dunia yang datar. Dan, saya sungguh beruntung t elah meluangkan waktu untuk hadir.

Saya datang sendirian, dan seperti anak hilang. Untunglah setelah itu bersua dengan beberapa teman blogger dan panitia yang saya kenal. Saya masuk pilih tempat di sayap kanan yang kebetulan barisan paling depannya masih kosong.Wah, tumben saya duduk di barisan ketiga di sebuah acara resmi. Niat dengerin nih baik proses seremonial maupun cerita yang akan disampaikan Pak Hermawan. Nah, dari dengerin itu ada beberapa pemaknaan saya tentang apa arti sebuah doktor.

  1. Menjadi Doktor itu Menjadi Berkarakter.&n bsp;Pak Hermawan sebagaimana saya tahu sebelumnya, menyampaikan orasi ilmiahnya tetap sebagai Arek Suroboyo. Tanpa teks. Beliau bercerita sambil mengkaitkan dengan orang-orang yang hadir maupun tidak hadir di ruangan itu. Semuanya dengan gaya Arek Suroboyo, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.Menjadi doktor itu menjaga karakter unik kita sepanjang hayat.
  1. Menjadi Doktor itu Menjadi Pencipta. Saya yakin ada banyak doktor yang melalui proses disertasi, tetapi saya tidak yakin bahwa mereka menciptakan sebuah model atau teori yang menjadi terobosan atas kebekuan pikiran. Pak Hermawan justru menciptakan model yan g luar biasa dan diakui di tingkat dunia, Marketing 3.0. Rumusnya simpel: Simplifikasi, Redefinisi, dan Envisioning. Teori marketing yang sudah banyak berkembang disederhanakan oleh beliau. Prinsip Parsimoni. Teori yang berguna adalah teori yang sederhana. Beliau peka terhadap dinamika perubahan yang terjadi sehingga merasakan kebutuhan untuk mendefinisikan ulang marketing dalam konteks kekinian. Lebih dari itu, marketing pun dibayangkan dalam konteks masa depan. Terjadilah proses penciptaan itu.
  1. Menjadi Dokt or itu Menjadi Inklusif. Dalam berorasi Pak Hermawan begitu mengesankan sebagai sosok yang terbuka terhadap keragaman. Dan ketika ditarik dalam sejarah hidupnya, sikap itu merupakan cerminan dari orang tuanya yang menegaskan bahwa mereka adalah asli orang Indonesia.
  1. Menjadi Doktor itu Menjadi Pejuang. Saya baru tahu ternyata Pak Hermawan itu lolos dari ITS, eh drop out. Beliau bercerita bagaimana masa mudanya yang miskin sehingga kuliah disambi dengan ngajar sebuah SMP dan kemudian SMU. Tetapi ketekunannya dalam berjuang mengejar impian kelas dunia membuktikan bahwa ITS pun kemudian mengakui beliau sebagai Doktor Honoris Causa kepada mahasiswa yang drop out dari ITS. (hihihi ini bukan pembenaran saya sebagai drop out untuk dapat gelar doktor juga lho)
  1. Nah, itu arti Doktor menurut saya. Bagaimana menurut Anda? Monggo ditambahkan

Pada akhirnya,

Mereka yang sukses hari ini adalah mereka yang puluhan tahun yang lalu berangkat dari nol dan terus berjuang meraih impian.

Selamat buat Pak Hermawan.  Semoga terus menjadi Guru bagi bangsa ini.

 

Sumber: http://blog.the-marketeers.com/archives/arti-gelar-doktor.html

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger