21st Century Management Concept

Inovasi Toyota dan Nintendo sebagai Blue Ocean Strategy

Oleh Septo Indarto

Sungguh perusahaan Toyota dan Nintendo adalah dua perusahaan yang sangat jeli dalam mengembangkan inovasi produknya sebagai Blue Ocean Strategy. Toyota menciptakan mobil Hybrid Prius sebagai inovasi teknologi penyelamatan lingkungan hidup yang menjadi tren di seluruh dunia dalam isu global warming. Nintendo menciptakan inovasi teknologi video games gerak yang membuat sensasi permainan video games menjadi hal yang menyenangkan sebagai suatu hiburan bagi semua kalangan usia.

            Toyota Motor Company mempunyai ide yang cemerlang ketika berani meluncurkan Prius sebagai pelopor mobil yang bersahabat dengan lingkungan. Tim manajemen Toyota telah mempunyai analisa jauh ke depan bahwa pada suatu saat nanti minyak bumi akan habis persediannya. Toyota berkomitmen dengan seri Prius untuk ikut menyelamatkan bumi dari global warming sambil memperkuat branding Prius sebagai mobil generasi baru yang akan menjadi standar dimasa yang akan datang. Seri Prius adalah salah satu proyek ambisius Toyota untuk menjadi terdepan dalam teknologi otomotif dan Toyota mempunyai komitmen yang kuat dalam hal ini. Toyota dengan seri Prius nya menciptakan pasar baru untuk mendapatkan konsumen baru dan konsumen lama disamping juga memberi pendidikan mengenai penyelamatan lingkungan hidup. Apa yang dilakukan Toyota adalah langkah yang tepat, karena ketika orang menyebut nama Prius berarti adalah pionir bagi mobil yang bersahabat dengan lingkungan dan Toyota telah bekerja keras untuk pengembangan teknologi Prius yang menjadi standar mobil ramah lingkungan.

            Sementara itu persaingan dalam industri video game juga sangat ketat. Pasar video games dikuasai oleh tiga merek:

  1. Microsoft X box
  2. Sony Playstation
  3. Nintendo

Tetapi kemampuan dari masing-masing merek itu hampir seragam. Nintendo kemudian menambil inisiatif untuk mengembangkan teknologi video games gerak yang diberi nama Nintendo Wii. Teknologi gerak lebih bersifat aktif, seperti orang yang beraktifitas. Contohnya jika seorang pemain video games memainkan permainan video tenis maka dia akan melakukan hal yang sama seperti pemain tenis. Inilah kelebihannya sehingga orang merasakan kesenangan dalam memainkan video games.

            Nintendo juga terus melakukan inovasi dalam pengembanagn judul-judul games baru yang akan dikembangkan. Tetapi Nintendo tidak lupa dengan judul-judul games yang pernah populer di masa lalu, dalam teknologi 8 bit, 16 bit, dan 32 bit. Tetapi judul-judul tersebut di integrasikan ke dalam teknologi Wii (Seperti Don King Kong Classic, Mario Brothers Classic)) yang menjadikan permainan video games menjadi populer kembali dengan cara bermain yang lebih aktratif.

            Ini adalah sebuah langkah besar dalam inovasi teknologi video games. Nintendo Wii menjadi populer dan menjadi pionir untuk bermain video games yang lebih aktratif. Nintendo Wii selama tahun 2008 dan 2009 menjadi ikon untuk dijadikan kado istimewa untuk Natal dan tahun baru di seluruh dunia. Nintendo Wii menawarkan kesenangan baru dalam sebuah permainan video games yang disukai oleh semua kalangan.

           

Blue Ocean Strategy Toyota dan Nintendo 

  1. Toyota dan Nintendo berkompetisi di wilayahnya masing-masing tetapi mereka berhasil memberi nilai lebih pada produk mereka dengan inovasi.
  2. Toyota dan Nintendo melihat pasar dengan visi masa depan.
  3. Toyota dan Nintendo menciptkan branding baru dengan nama merek yang sama.
  4. Toyota dan Nintendoi ingin meraih pelanggan lama dan pelanggan baru ke dalam pasar mereka.
  5. Toyota dan Nintendo terus memperluas pasar dan meningkatkan kapasitas produksi mereka. Sehingga harga pasar bisa di tekan menjadi lebih murah.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger