Ramadhanku Kali Ini, Hebat Dan Luar Biasa

Oleh : Syarif Niskala

Beberapa sahabat menetapkan target-target Ramadhan kali ini dengan sangat super. Tamat membaca Quran, tarawih full, 'itikaf 10 hari terakhir, baca buku penguat iman 15 judul, infaq tiap hari, shalat fardhu berjamaah selalu, menghafal 5 ayat per hari, selesai membaca tafsir Fi Zilalil Quran, dan yang pasti tidak batal puasa sehari pun. Untuk memastikannya, Resolusi Ramadhan 1430 Htersebut di-print untuk ditempel di ruang keluarga. Insya Allah tercapai. Amiin. Sahabat, sudahkah Anda membuatnya?

---

Doable is the best vision – Mario Teguh

Nah, saat Anda menghadapi Bulan Ramadhan 1430 H sore ini, apa rencana Anda mewujudkan resolusi Anda. Dalam buku Dream Manager karya Matthew Kelly (Sygma Publishing), dikatakan bahwa permasalahan umum yang ditemui adalah bukannya ketidakmampuan menuliskan mimpi, melainkan ketidakjelasan cara-cara mewujudkannya. Kebingungan akibat gap (jarak) yang jauh antara realitas terkini dengan pernyataan impian sering membuat orang menyembunyikan impiannya dan kemudian berhenti bermimpi.

Terkait Resolusi Ramadhan yang belum Anda tuliskan itu, apakah karena ketidakjelasan bentuk jembatan penghubung antara 'realitas pola ibadah Anda 11 bulan ini' dengan 'aktivitas shalih impian'? Jika ini adalah kendalanya, Anda memerlukan bantuan Manajer Mimpi. Mengapa? Karena kita memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membohongi diri sendiri dengan perilaku mencari-cari alasan dan pembenaran terhadap diri sendiri. Akan tetapi, beruntungnya Anda, ternyata secara alamiah dan informal kita semua terpanggil untuk berperan sebagai Manajer Mimpi. Jadi pilihlah teman dekat, pasangan, murabbi, ustadz, guru ngaji, atau … atasan Anda sebagai Manajer Mimpi Anda! It is OK.

Nah sekarang, bersama Manajer Mimpi Anda, susunlah sebuah rencana aktivitas mencapai Resolusi Ramadhan kali ini. Tetapkan tahapan-tahapan realistisnya per pekan. Kemudian, tetapkan pula jadwal evaluasinya, untuk membuat langkah-langkah penyesuaian jika ada kendala tak terpecahkan.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger