Media Presentasi

Tools/ media presentasi adalah alat untuk membantu agar proses pemberian KSA (Knowledge – Skill – Attitude) dapat diterima dengan MUDAH oleh SETIAP ORANG. Dan untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana proses belajar setiap orang dan dalam hal ini kita tidak bisa menyamaratakan proses belajar setiap audience. Yg harus dilakukan oleh seorang Trainer adalah mengkomodasi semua representational system yang ada di diri audience. Bagaimana caranya?

Caranya yaitu melalui  setiap presentasi harus mengandung unsur Visual – Auditory – Kinestetik.

-          Visual, yaitu dengan menggunakan slide, gambar, film, dll dgn tampilan yang indah

-          Auditori, yaitu paparan yang disampaikan oleh trainer, baik materi ataupun cerita dengan suara yang enak didengar

-          Kinestetik, yaitu dengan demo, latihan, dll, agar ia dapat merasakan manfaat dr materi tsb.

Apa keuntungannya? Dgn sistem tsb, maka kita dapat melatih seluruh panca indra peserta agar dapat lebih sensitif. Jika dalam presentasi kita hanya menggunakan salah satu representational system, misalnya auditory, maka peserta lain yang mempunyai kecenderungan dominan dalam sistem belajar Visual dan Kinestetik, pastinya akan merasa 'boring' selain itu bisa dinilai trainernya tdk kreatif.

Benar yg dikatakan oleh pak Hari, bahwa slide presentasi harus berbeda dengan hand-out, hal ini masih sering ditemukan, mungkin dikarenakan tdk ada waktu atau terburu-buru, maka slide presentasi langsung di print menjadi hand-out.

Pada saat membuat handout untuk pelatihan paling baik untuk memikirkan tentang bagaimana handout tersebut dapat dipergunakan setelah pelatihan berakhir. Handout anda akan sangat berhasil apabila peserta dapat menggunakannya:

  • Untuk mengingatkan kembali apa yang telah mereka pelajari
  • Untuk meningkatkan pengetahuan mereka lebih jauh dengan membaca materi yang tidak ada di dalam kursus
  • Sebagai suatu dasar untuk pekerjaan mereka
  • Dalam membagi pembelajaran kepada para kolega mereka

Beberapa jenis handout yang sering digunakan

·         Handout yang tidak lengkap

Handout yang tidak lengkap adalah catatan yang memberikan pedoman atau arahan untuk para peserta untuk mengisi secara terinci apa yang mereka pelajari dalam kelas — selama presentasi, sebagai suatu latihan, untuk kembali ke tempat kerja, atau sebagai persiapan untuk pelatihan. Ini berguna untuk memberikan catatan yang lengkap di hari berikutnya, selain itu dapat meningkatkan kepekaan kinestetik peserta.

·         Artikel yang bermanfaat

Artikel yang dipublikasi yang mendukung atau menambahkan sesi pelatihan dapat merupakan handout yang sangat bermanfaat yang tidak memerlukan banyak pekerjaan dari trainer. Namun, pastikan untuk menjelaskan mengapa anda memberikannya dan pastikan anda tidak melanggar hak cipta.

Kapan membagi handout

·         Penting untuk mendistribusikan handout pada waktu yang tepat. Apabila handout hanya berupa poin-poin judul dan dimaksudkan agar para peserta menambahkan catatan mereka sendiri, maka perlu diberikan di awal pelatihan. Apabila merupakan catatan lengkap, maka tergantung dari jenis kelas apakah harus diberikan di awal atau di akhir pelatihan. Apabila handout lebih menarik daripada presentasi, anda kemungkinkan akan kehilangan perhatian kelas kalau memberikannya di awal pelatihan. Sebaliknya, mungkin beberapa peserta mudah mengikuti pelatihan sambil membaca handout. Apabila handout didistribusikan di akhir pelatihan, maka anda akan menjelaskan kepada kelas bahwa rincian handout akan diberikan kemudian, dan mereka dapat duduk kembali dan menikmati presentasi tanpa perlu mencatatnya.

·         Jenis handout lainnya sesuai untuk awal dari pelatihan yang lebih lama — misalnya uraian singkat tentang riwayat hidup dan program instruktur. Dengan latihan, kerja kelompok, lokakarya, dan bahkan diskusi yang terfasilitasi, sebuah handout dapat membantu setiap individu untuk mulai dengan penjelasan yang ringkas apa yang mereka harapkan untuk dikerjakan dan memberikan kesempatan untuk membuat catatan tentang respon mereka.

·         Penting untuk memikirkan berapa banyak handout yang anda miliki, kapan handout akan diberikan kepada peserta, dan bagaimana melengkapinya. Dapat bermanfaat untuk memberikan kelas sebuah map sehingga mereka dapat mengumpulkan dan menyimpan handoutnya.

Itu sedikit menambahkan artikel yg disharingkan oleh pak Hari, semoga berguna bagi kita para Trainer.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger