Pilih Teman atau Sahabat yang Baik untuk Masa Depan

Teman atau sahabat salah bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Mereka sudah menjadi bagian dari penting yang mewarnai pahatan perjalanan dan setiap detak waktu kita. Memilih teman atau sahabat itu sama artinya dengan memilih masa depan, bukan! 

 

Mengapa demikian karena memilih teman atau sahabat sama artinya dengan memilih perilaku, memilih teman atau sahabat sama artinya dengan memilih kualitas ilmu. Dengan demikian maka, siapa pun yang ingin masa depannya cerah, perilakunya menawan hati, luas ilmu dan wawasannya serta tulus dalam membangun sebuah pondasi hubungan pertemanan atau persahabatan, maka kita harus sangat pandai memilih teman atau sahabat.

 

Kita akan sulit berkembang bila sehari-hari kita bergaul dengan orang-orang malas, orang-orang yang hanya memikirkan kepentingan pribadi, orang-orang yang senang meremehkan orang lain atau perilaku yang menunjukkan kebiasaan yang tidak positif. Kita pun akan sulit meraih kemuliaan akhlak, bila sehari-hari kita bergaul dengan orang yang buruk akhlaknya. Maka, tinggi rendahnya kualitas seorang manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas orang yang menjadi temannya.  Mestinya, kita memilih dengan siapa kita akan jadikan teman atau sahabat. Seperti halnya ketika kita berteman atau bersahabat dengan seorang pandai besi atau dengan seorang pembuat minyak wewangian. Setidaknya kita akan terkontaminasi sedikitnya salah satu dari mereka. Seperti halnya dengan keinginan kita untuk mejadikan diri sebagai orang hebat, tentunya kita akan bergaul dengan orang yang hebat pula, bukan!

 

Renungkanlah sejenak, orang seperti apa yang layak kita jadikan teman dekat atau sahabat ? Yang pertama dan utama adalah orang yang baik akhlak atau budi pekertinya dan mampu mengendalikan hawa nafsunya. Coba pikirkan dan pahami kembali, ada baiknya kita berpikir sejenak, lihat siapa teman-teman dekat kita. Boleh jadi, kualitas diri kita tidak pernah mengalami perubahan karena salah memilih teman. Kita berteman akrab dengan orang-orang yang kualitasnya di bawah kita. Akibatnya, kita merasa paling saleh, paling pintar, dan paling hebat di antara teman-teman kita. Bila demikian, kita tertipu oleh kepintaran yang semu. Ketika kita salah melihat diri, kita pun akan salah dalam melangkah.

 

Idealnya kita berteman dengan orang-orang yang kualitasnya jauh lebih baik, sehingga kita tidak merasa paling pintar dan paling baik budi pekertinya. Justru kita akan merasa paling kurang. Saat berteman dengan orang-orang yang berkuali tas, biasanya kita akan terangsang dan termotivasi untuk belajar dan mengejar ketertinggalan. Karena itu ada yang mengatakan,kalau kita ingin sukses dalam pekerjaan maka bergaulah kita dengan orang-orang yang sukses; ingin menjadi pengusaha hebat, maka bergaulah dengan para pengusaha sukses; ingin menjadi seorang HR Practitioner yang piawai, banyak bergaul dan menimba ilmu dari para HR yang hebat dan sukses yang tulus membagi kunci suksesnya; ingin menjadi trainer jempolan, kita tidak sungkan-sungkan belajar dari para suhu trainer yang memiliki banyak ilmu dan ikhlas serta senang untuk berbagi; dan keinginan-keinginan hebat lainnya.

 

Dalam keseharian tentulah kita memiliki masalah yang mesti kita hadapi akan semakin berat dan kompleks. Kita akan terpuruk bila banyaknya masalah tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan  diri untuk menyelesaikannya. Maka, rugi bila dalam sehari kita tidak bertemu dengan orang yang lebih baik dari kita. Rugi karena kita tidak mendapat ilmu, wawasan, dan semangat baru. Dan celaka bila kita menjauh dan memusuhi orang-orang yang lebih baik dari kita dalam akhlak dan ilmu. 

 

Demikian halnya dalam banyak Kesempatan datang dari teman-teman baru,  sukses cep at datang jika kita mengembangkan pergaulan dengan melibatkan  orang-orang baru yang berkualitas. Mereka adalah orang yang dapat mengajari, menantang, dan memberi kita semangat. Teman-teman dan rekan-rekan bisnis  yang lama bisa saja menyenangkan, tetapi pergaulan harus terus berkembang  bila kita hendak meraih potensi sepenuhnya. Keyakinan kita adalah bahwa banyak kesempatan penting dan baru berasal dari teman-teman yang baru.  Menemukan orang-orang yang berkualitas seperti ini akan memberi kita kesempatan yang terbaik mungkin bagi kemajuan yang mengarah kepada tujuan kita, bukan! ITU ADALAH PILIHAN, bukan! Semoga di awal tahun 2013 ini kita songsong hari-hari yang indah dengan teman dan sahabat yang baik dan hebat, jagalah mereka dengan baik dan tulus untuk menyambut keberhasilan dan kemuliaan hidup.

 

"Aku BANGGA memiliki banyak teman dan sahabat yang hebat di milis HR Opensources, SDMGlobal, SDMList dan TCI  serta sahabat-sahabatku lainnya yang tidak dapat aku sebutkan semuanya" (by : Mohamad "Bear" Yunus)

 

Have a positive day!

Salam Berbagi,

Mohamad "Bear" Yunus 

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger