7 Langkah Rahasia Membuat Presentasi Yang Menarik Dan Efektif Bagi Audiens

By. Riris Theresia Siahaan
 

Adanya beragamnya software dan tool sekarang ini, memudahkan siapapun bisa membuat presentasi. Namun tidak semua orang yang dapat membuat presentasinya menarik dan efektif bagi audiensnya? Lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk membuat presentasi agar, ada langkah-langkah rahasia (kalau sudah dishare, sudah bukan rahasia lagi ... hehe) yang harus dilakukan, yaitu:

1. Persiapan
Persiapan merupakan langkah paling penting pada saat presentasi. Bagaimana anda mempersiapkan segala hal untuk presentasi anda ? Secara umum biasanya menghabiskan waktu 30 jam untuk persiapan dan ”rehearse” untuk setiap jam presentasi. Gunakan tape recorder, video maupin CD untuk dapat mengetahui umpan balik dari latihan presentasi anda.

2. Berikan Contoh
Jangan ragu untuk memberikan contoh dan bila perlu pengalaman anda pribadi yang mendukung materi presentasi anda. Ini merupakan cara jitu untuk melibatkan diri anda dengan audiens dan sharing dengan mereka.

3. Santai Tetap Fokus

Kondisi ini hanya bisa didapat jika anda melakukan persiapan yang cukup. Fokuslah terhadap pesan yang anda ingin sampaikan dan bukan pada audiens.

4. Latihan Kalimat Awal
Melatih kalimat awal pembuka untuk presentasi akan menentukan suksesnya presentasi yang akan anda sampaikan. Audiens biasanya akan menilai kita pada 30 detik awal pertama presentasi.

5. Gunakan Humor Seperlunya
Menggunakan humor dalam presentasi anda, bukan berarti anda harus mejadi pelawak di depan audiens. Buatlah humor yang alami dari pengalaman diri anda ataupun dari materi yang anda bawakan dan jangan pernah menjadikan audiens sebagai obyek lawakan anda.

6. Gunakan Gesture & Body Languange
Komunikasi visual membuktikan jauh lebih efektif daripada suara, jadi jangan lupa untuk menggunakan gesture dan body languange. Tidak ada salahnya anda mencoba tiga tempat presentasi yakni di tengah stage, kiri stage dan kanan stage. Jika anda bergerak dari datu posisi ke posisi yang lain pastikan kontak mata anda dengan audiens selalu terjaga.

7. Perhatikan Detail

Pastikan anda mengetahui profil audiens, jumlah audiens, waktu dan kondisi tempat presentasi.
Pastikan anda membawa alat bantu visual dan handout untuk mempermudah presentasi anda.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger