Sikap Pelayanan Prima Karyawan terhadap Pelanggan

Pelayanan prima biasanya berhubungan erat dengan bisnis jasa pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap pelanggan atau konsumen, sehingga pelanggan merasa dirinya dipentingkan atau diperhatikan dengan baik dan benar.

 

Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan juga merupakan strategi dalam rangka memenangkan persaingan. Akan tetapi tidak cukup hanya memberikan rasa puas dan perhatian terhadap pelanggan saja, lebih dari itu adalah bagaimana cara merespon keinginan pelanggan, sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pelanggan. Pelayanan prima hasus ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang handal, mempunyai visi yang jauh ke depan dan dapat mengembangkan strategi dan kiat pelayanan prima yang mempunyai keunggulan.

 

Di samping itu, harus diupayakan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan para petugas pelayanan dan karyawan lainnya agar dapat menumbuhkan dedikasi dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan untuk tetap setia menggunakan produk barang dan jasa kita, tanpa sempat lagi melirik atau memakai produk atau jasa dari perusahaan lain.

 

Betapa pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan karena keberhasilan pelayanan prima dapat juga menimbulkan menimbulkan keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk barang atau jasa yang kita tawarkan pada saat itu juga, menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhdap produk dan jasa kita, diharapkan dapat mempertahankan pelanggan agar tetap loyal (setia) menggunakan produk atau jasa kita, diharapkan dapat mendorong pelanggan untuk kembali lagi membeli produk atau menggunakan jasa kita, serta dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak diperlukan.

 

Yang harus diperhatikan dalam mewujudkan pelayanan prima adalah sikap (attitude) , keberhasilan bisnis industri jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat didalamnya.Sikap pelayanan yang diharapkan tertanam pada diri para karyawan adalah sikap yang baik, ramah,penuh simpatik, dan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan. Karyawan harus memiliki sikap yang menggambarkan perusahaan karena karyawan mewakili citra perusahaan baik secara langsung atau tidak langsung. Pelanggan akan menilai perusahaan dari kesan pertama dalam berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan.

 

Sikap-sikap yang diharapkan perusahaan kepada seluruh karyawan adalah : mempunyai rasa kebanggaan terhadap pekerjaan, memiliki pengabdian yang besar terhadap pekerjaan, senantiasa menjaga martabat dan nama baik perusahaan, sikap perhatian dalam melakukan kegiatan layanan, seorang petugas pada perusahaan industri jasa pelayanan harus senantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan. Apabila pelanggan sudah menunjukkan minat untuk membeli suatu barang/jasa yang di tawarkan, segera saja layani pelanggan tersebut dan tawarkan bantuan, sehingga pelanggan merasa puas dan terpenuhi keinginannya.

 

Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan, utuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan, untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan setiap karyawan harus memiliki prinsip pelayanan yang prima dimana sikap karyawan terhadap pelanggann dengan memberikan pelayanan yang baik, ramah, penuh simpatik dan mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap perusahaan (sense of belonging).

 

Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan...

 

Have a positive day!


Mohamad "Bear" Yunus

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger