Manfaat NLP untuk Para Praktisi HR

By.  Bro Yunus

Departemen sumber daya manusia merupakan elemen penting dari setiap perusahaan atau organisasi bisnis. Hal ini bertugas memilih, merekrut, dan staf karyawan untuk delegasi efektif tugas dan fungsi dalam perusahaan. Ini peran penting memerlukan tingkat tertentu perawatan pada bagian dari seorang manajer sumber daya manusia. Perhatian harus diberikan untuk memilih orang yang tepat, penyaringan pelamar, membuat deskripsi pekerjaan, mengisi lowongan pekerjaan, dan mempekerjakan orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

 

NLP adalah bidang studi yang menyediakan berbagai teknik dan metode yang membantu meningkatkan banyak bidang bisnis. Hal ini dapat digunakan untuk penjualan, administrasi dan juga dalam manajemen sumber daya manusia. Wawancara kerja adalah salah satu alat dasar yang departemen sumber daya manusia menggunakan untuk memenuhi syarat pelamar dan menentukan apakah mereka cocok untuk pekerjaan atau jabatan yang diterapkan untuk. Pengetahuan tentang teknik NLP adalah penting bagi seorang manajer personalia atau pewawancara kerja. Alasan untuk ini adalah bahwa hal itu tidak mungkin untuk sepenuhnya "tahu" pelamar hanya dengan membaca CV atau resume. Untuk seorang manajer SDM untuk mendapatkan wawasan mengenai karakter, nilai-nilai dan motivasi dari seorang individu, ia perlu melihat melampaui wewenang diserahkan dan tulisan-tulisan  yang disampaikan oleh pelamar.

 

Komunikasi non-verbal, atau bahasa tubuh, mengatakan lebih banyak tentang seseorang dari kata-kata dan kredensial digabungkan. Kontak mata merupakan salah satu bidang bahasa tubuh harus diperhatikan. Yang populer mengatakan bahwa "mata adalah jendela jiwa" berlaku di NLP juga. Kontak mata lurus dan tidak terputus sering menunjukkan kejujuran, kepercayaan diri, dan keteguhan keputusan. Di sisi lain, menjadi licik bermata, menghindari kontak mata, melihat hal-hal lain saat berkomunikasi dapat membuat banyak kesan negatif. Ini bisa menjadi sinyal ketidakjujuran, kegugupan, kurangnya harga diri, atau untrustworthiness. Pewawancara HR harus mampu mengamati bagaimana pelamar melakukan kontak mata untuk melihat tingkat mereka senilai ketulusan, kepercayaan diri dan. Isyarat mengakses Visual membantu pewawancara untuk mendapatkan wawasan mengenai aktivitas mental dari seseorang yang didasarkan pada pergerakan bola matanya. Misalnya, jika bola mata dari pelamar bergerak ke atas dan ke kanan, ini menunjukkan konstruksi visual (ia membangun citra pikiran). Jika bola mata bergerak ke atas dan ke kiri, itu berarti bahwa pelamar membentuk "visual diingat" gambar (dia sedang mencoba untuk mengingat gambar yang terlihat di masa lalu). Memindahkan bola mata langsung dengan penyelesaian pendengaran berarti kiri, saat bergerak bola mata ke recall pendengaran sarana yang tepat. Memindahkan bola mata ke bawah dan ke kiri menunjukkan perasaan atau aktivitas mental kinestetik. Terakhir, memindahkan bola ke bawah dan ke kanan menunjukkan dialog internal (orang tersebut berbicara dengan dirinya sendiri). Bagaimana bisa seorang manajer SDM menggunakan isyarat visual untuk mengakses melakukan wawancara pekerjaan yang lebih baik? Ada berbagai cara dan beberapa agak rumit.

 

Namun, dalam arti yang mendasar, isyarat pengaksesan visual dapat digunakan untuk mendeteksi berbohong. Misalnya, jika seorang pelamar menyebutkan bahwa ia memiliki perpustakaan pengembangan diri buku di rumah (mengklaim bahwa ia adalah pembaca yang luas), pewawancara dapat mengamati jika mata pelamar bergerak ke atas dan ke samping (kiri kiri pewawancara sudut pandang). Jika bola mata bergerak seperti itu, hal ini menunjukkan konstruksi visual. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa orang tersebut berbohong karena ia dapat membentuk gambaran imajiner dari perpustakaan rumah penuh buku pengembangan pribadi.

 

Masih banyak lagi manfaat dari NLP para praktisi HR yang dapat diulas lebih dalam seperti proses negosiasi dalam penyelesaian perselisiahan hubungan industrial, proses coaching and counseling karyawan, fungsi supervisi dan leadership untuk anggota team, monitoring kinerja karyawan, dan sebagainya. 

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger