10 PENYEBAB RUSAKNYA OTAK

Otak merupakan organ tubuh yang sangat vital dan merupakan pusat pengendali sistem syaraf kita. Otak bekerja mengatur dan mengkordinir setiap gerakan-gerakan tubuh dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak juga berperan dalam fungsi pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Pola hidup sehat sangat dibutuhkan agar otak kita dapat selalu berfungsi normal, tanpa itu kerja otak kita lambat laun akan mengalami penurunan.

Berikut 10 penyebab rusaknya otak kita :

 

Tidak Sarapan

Mereka yang tidak membiasakan untuk sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

 

Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan, ditambah lagi dengan makanan berkadar lemak tinggi, kebiasaan ini akan mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak oleh penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah.

 

Merokok

Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

 

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Mengkonsumsi gula yang berlebih akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

 

Polusi Udara

Karena otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh, bisa dibayangkan jika dalam keseharian kita menghirup udara yang berpolusi, ini jelas menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

 

Kurang Tidur

Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

 

Menutup Kepala Saat Tidur

Kebiasaan tidur dengan kepala tertutup berpotensi meningkatnya konsentrasi zat karbon dioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen pada otak.

 

Berpikir Terlalu Keras Ketika Tubuh tidak Fit

Bekerja terlalu keras terutama dalam berfikir saat kita sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak dan dapat merusak otak.

 

Kurang Stimulasi Otak

Berpikir adalah cara yang paling mudah untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

 

Jarang Berbicara

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu cara memacu kemampuan kerja otak kita. Berkomunikasi secara intelektual akan memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.

 

Fia

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger