Tinjauan Awal Presentasi

Memberikan tinjauan awal kepada para pendengar menambah wibawa Anda dan, yang lebih penting, membantu mereka memahami pesan. Seorang pembaca bisa mendapatkan gagasan dari struktur sebuah laporan dengan melihat daftar isi dan membaca judul bab dan subbab. Akan tetapi, dalam presentasi lisan pembicara harus memberikan kerangkanya. Tanpa petunjuk dari pembicara, pendengar mungkin tidak dapat membayangkan bagaimana kaitan dari beberapa pesan utama. Dalam introduksi, Anda meringkas gagasan utama, menyebutkan butir-butir pendukung, dan menunjukan urutan dalam mengembangkan butir-butir tadi. Beri tahu pendengar akan memahami bagaimana kaitan antara fakta dan gambaran individual ketika Anda beralih kebagian isi dari presentasi.

Isi

Sebagian besar dari pembicaraan atau presentasi Anda ditekankan pada diskusi mengenai tiga atau empat butir utama dari garis besar Anda. Gunakan pola penyusunan isi seperti yang Anda gunakan dalam surat, memo, atau laporan, tetapi buatlah menjadi sederhana. Tujuan Anda untuk memastikan bahwa (1) susunan pembicaraan atau presentasi Anda jelas dan (2) pembicaraan mempertahankan perhatian pendengar.

Menghubungkan Gagasan

Untuk menunjukan bagaimana kaitan di antara gagasan, laporan tertulis menggunakan petunjuk cetakan dan format; judul, indensi paragraph, jarak antar paragraph, dan daftar. Akan tetapi, presentasi lisan mengandalkan kata-kata untuk menghubungkan berbagai bagian dan gagasan.

Mempertahankan Perhatian Pendengar

Untuk menyampaikan pemikiran secara efektif, Anda harus melakukan lebih dari sekedar menghubungkan gagasan Anda dengan transisi yang jelas. Anda juga harus mempertahankan perhatian pendengar.

a.     Hubungkan subyek Anda dengan kebutuhan pendengar

b.    Gunakan bahasa yang jelas dan hidup.

c.     Jelaskan hubungan antara subyek Anda dan gagasan yang dikenal luas.

Penutup

Penutup dari pembicaraan atau presentasi hampir sama pentingnya dengan bagian awal karena perhatian pendengar memuncak di sini. Rencanakan untuk menyisihkan waktu 10 persen dari seluruh waktu yang ada untuk mengakhiri.

Menyatakan Ulang Butir Utama

Setelah Anda memutuskan untuk mengumumkan penutupan, rencanakan untuk mengulangi gagasan utama. Jangan lupa menekankan yang Anda inginkan untuk dilakukan atau dipikirkan oleh pendengar, dan nyatakan factor kunci yang membangkitkan motivasi.

                                                                                                                                                           ;                                

Sumber: Komunikasi Bisnis, Jilid 2, Courtland L. Bovee / John V. Thill

 

__._,_.___


Posted by: "C&G TRAINING NETWORK" <cg8@cg-learning.com>

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger