SASARAN PELATIHAN TIDAK SESUAI HARAPAN?? MAIN TEKA TEKI SAJA..!!!

Seberapa banyak anda mengikuti  pelatihan ? Pelatihan motivasi, pelatihan, leadership,manajemen konflik atau pelatihan Manajemen Strategis? Ataupun membaca buku buku  mengenai itu semua?  Dimana setiap pelatihan  ataupun buku buku tersebut menawarkan banyak hal baik dari segi  teori  maupun  saran saran praktis yang diberikan,  dan tentu saja  pelatihan dan buku buku yang diberikan semuanya memang memiliki hal yang sangat bagus dan tepat. Tetapi bagaimana dengan diri kita ? Apakah  pelatihan tersebut  juga membuat anda menjadi lebih efisien dan efektif  bahkan untuk dapat melakukan ekseskusi? Apakah telah membantu anda dalam melakukan tindakan perubahan?

Coba  ujilah diri anda dengan daftar pertanyaan ini, apabila  anda masih memiliki keadaan mental :

 

  • Masih menghindari  resiko?
  • Masih sulit menyesuaikan diri  dengan  perubahan?
  • Tidak mampu menentukan prioritas waktu ?
  • Sulit bekerja sama dengan tim?
  • Masih memiliki ketidakmampuan mengelola tim ?
  • Kesulitan mengelola informasi ?
  • Ketidakmampuan berpikir  di “luar kotak”?

dan hal lain sebagainya yang menghambat kreativitas serta  mendapatkan  ide ide segar untuk dieksekusi  dengan efisien juga efektif. Jika jawabannya masih “Iya”, berarti  anda menunjukan tanda tanda “kekakuan otak”

Apa yang harus kita lakukan?  Latihlah otot otak anda agar tidak menjadi kaku. Latihlah otak anda agar menjadi  “berotot”. Sebagaimana otot otot di tubuh kita, jika tidak di latih dengan gerakan olahraga pasti akan kaku.”, Jika sudah tidak kaku  pastikan gerakan badan menjadi lebih segar dan gesit, Begitu juga otak kita, bisa dilatih agar tidak mengalami kekakuan “otak otot: jika dilatih dengan rutin dipastikan kita memiliki “kegesitan secara mental”

Bagaimana melatih otak  kita agar tidak “kaku”. Lakukanlah dengan menjawab TEKA TEKI. !! Menurut Donalee Markus Ph.D, pendiri Designs for Strong Minds (DSM),USA yang  telah banyak melatih dan mendesain teka teki untuk berbagai  Organisasi, seperti NASA. Dalam  bukunya “Retrain Your Bussines Brain” menuliskan tiga hal  untuk manfaat Teka teki  sehingga memiliki otak yang lebih ber “otot” juga memiliki kegesitan mental.



1.  Menyediakan Peluang untuk Gagal

Tidak ada orang ingin gagal dan senang akan kegagalan, tetapi pulih dari kegagalan dapat memperkuat kreativitas, dan bisa terjadi sebaliknya kesuksesan dapat menyebabkan kekakuan diri karena berada di zona nyaman sehingga kreativitas menjadi lemah.

Apakah kita ingat dengan masa kecil kita ketika belajar berdiri dan berjalan?  Pada saat itu kita tidak dihinggapi  akan ketakutan gagal, yang dirasakan hanya senang, bermain juga terus berusaha. Begitu juga dengan Teka teki, karena teka teki  merupakan latihan  simulasi untuk memberikan peluang kegagalan dan terus memberikan peluang peluang lainnya untuk menjawab teka teki tersebut.

2.  Menciptakan ketidakseimbang

Pernah kesal ketika kita menjawab TTS atau SUDOKU ataupun  menyusun Puzzle? Rasanya kita telah mencoba menjawab tetapi kadang tidak berhasil menemukannya. Atau kadang kita menjadi frustasi dan sedikit emosional, ada dua pilihan BERHENTI ?  atau TERUSKAN… !!?.  Dan kondisi mental tersebut dalam menghadapi menjawab teka teki  merupakan latihan simulasi untuk menghadapi kondisi  mentalitas ketika menghadapi stress di lingkungan kerja.

3.  Menawarkan alternatif

Dalam memecahkan  masalah kadang kala kita sering menghadapi kebuntuan seakan akan jalan keluar tidak terlihat sama sekali. Kadang kita tidak mengetahui bahwa sebenarnya  ada beberapa alternatif dari masalah kita. Dengan teka teki  otak kita diberikan kelenturan dan kegesitan mental sehingga dapat mengambil tindakan yang cepat dalam menetapkan keputusan dalam permasalahan 

4.  Memperkuat kelemahan kognitif

 

Nahh,, silahkan anda bermain teka teki, saran saya , carilah teka teki  memiliki visual berdimensi dengan variable yabg cukup tinggi, memang kesulitan untuk menjawabnya lumayan tinggi  bahkan bisa membuat kita frustasi, tetapi percayalah jika anda terus berlatih terus menerus pasti anda akan merasakan manfaatnya.

 Selamat Mencoba,,,!!

 

Emma Yulini

 

 

 

__._,_.___


Posted by: fitri yanti <fitriyanti_hrplasa@yahoo.co.id>

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger