Humor dalam Training

Apa khabar? Semoga dalam keadaan semakin sehat semakin bahagia dan terus semakin semangat untuk berbagi.

 

Selagi liburan panjang, saya mau sharing beberapa hal soal HUMOR dalam training. Fungsi Humor ini menurut survey beberapa pembicara adalah termasuk kelumpok 10 BESAR hal yang sangat penting. Beberapa hal penting lainya adalah Provide Solution, Logistik, Emotional language dll. Jadi Untuk banyak hal, Humor menjadi hal yang vital. Apakah itu dalam membangun suasana, memberi vitamin untuk daya tahan audience dan tentunya training sahabat bisa lebih menarik.

 

NIAT

 

Seperti ibadah saja? Hahaha. Memang kalau saya ngajar saya berniat agar ada nilai ibadahnya. Jadi Niat menjadi penting. Ber-Humor butuh niat. Kita harus niatkan dengan niat "suci" bahwa bismilah saya ingin membahagiakan audience. Saya ingin menyampaikan hal yang sangat penting, untuk itu audience harus dalam kondisi yang baik dan bahagia, ceria dan pikiran terbuka.

 

 

Entertaint vs Educate

 

Pada dasarnya manusia lebih senang di entertaint dibanding di educate. Jadi buatlah mereka senang dengan training Anda dengan unsur entertaint. Buatlah mereka senang dan bahagia. Mungkin Anda pernah mendengar sindiran. "Mengapa musti lucu, kalau pingin lucu, undang Tukul saja" Kira kira begitu sindiranya. Saya doakan mereka itu bisa sadar. Mereka berkata seperti itu karena mereka belum tahu. Ya Mereka belum Tahu, kalau Tarif Tukul masih lebih mahal dari Mario Teguh.

 

Berdasarkan ini hendaknya Anda baik hati, Jangan menyiksa audience berjuang setengah mati menahan rasa kantuknya, apalagi mencerna pelajaran berharga yang anda berikan. Buatlah terus suasana yang beregergi untuk pelatiha Anda.

 

Survey

 

Idealnya Anda melakukan survey beberapa aspek. Apakah itu jumlah peserta, model peserta, usia, pendidikan dan jenis pekerjaannya. Komposisi laki dan wanita termasuk hal hal lain untuk kepentingan training. Namun bisa ditambahi untuk kepentingan humor Anda. Apakah cocok atau mungkin terlalu berisiko. Ada beberapa humor yang bisa berbahaya jika teryata tidak tepat dengan audience.

 

Survey juga bisa Anda lakukan di sebelum acara, bagaimana jenis peserta. Termasuk didalamnya Anda juga harus survey dalam acra training itu sendiri. Ketajaman Anda membaca orang orang akan sangat membantu Anda dalam meluncurkan humor.

 

WITH

 

Apa itu WITH? Bukan DENGAN! WITH itu adalah What is the Hoint. Kok? Oh ya salah! What is the Point. Artinya Humor harus memiliki hubungan yang erat dengan materi yang disampaikan. Sehingga selain menghibur bisa menguatkan pemahaman dan persetujuan peserta pada materi pelatihan Anda.

 

SARAP

 

Humor tidak boleh SARAP. Kalau HUMOR yang sarap bisa berisiko. Sebenarnya bukan tidak boleh, karena saya yakin Sahabat adaalah pribadi dewasa yang sudah bisa membedakan level ketepatanya, sehingga saya ubah: HATI HATI dengan SARAP saja. Apa sih SARAP. Sarap adalah Suku Agama Ras Antargolongan/Anatomy dan Porno, Produk, Perusahaan.

 

Hal ini bisa sensitif. Anda harus sedikit lebih cermat. Misalnya saja Saya ketika TRAINING untuk KAPAL API maka saya dalam sebuah contoh minum Kopi saya akan sebutkan Kapal Api. Atau ketika di Astra Honda Motor, sungguh jangan sekali kali salah menyebut produk kompetitor untuk contoh yang baik.

 

Ekpresi & Gerak

 

Bersemangatlah untuk bergerak dan berekpresi. Tidak usah tanggung tanggung. Bergeraklah dengan semangat, berceritalah dengan serius dan total dan perhatikan punch line anda. Menyusun kalimat pendek terakhir yang mengejutkan.

 

Ikutlah menikmati. Semoga ini juga sebagai alat sakti building rapport. Tertawakanlah diri Anda sendiri, sedikit jail dan santai saja.

 

Unexpexted

 

Humor itu sangat mudah. Hanya satu kata, yang belum sempat terucap... Tanpa banyak bicara.... hanya satu kata......

UNEXPECTED. Ya membuat humor itu adalah mengejutkan logika dan patern yang sudah ada dikepala Audience. Berupa jebakan jebakan yang tidak diduga.

 

"Aborsi tidak perlu dilarang. Terbukti tidak ada demo dijalanan dari Anak anak yg diaborsi. Beda dengan kenaikan BBM"

 

"Saya mengira semua wanita itu mata duitan. teryata bener"

 

"Ciri ciri Homo adalah pakai Anting di Kanan. Kalau dikiri? Itu Homo kidal"

 

"R itu bisa merubah kebuntungan menjadi Kebruntungan. Untuk itu ada baiknya pak SBY merubah namanya menjadi Susilo BRambang Yudoyono"

 

Sekali lagi Hanya satu Kata: UNEXPECTED

 

Jika Tidak Lucu?

 

Sebagai Trainer, jangan pernah kawatir anda tidak berhasil atau gagal melucu. NO PROBLEMO karena Anda bukan Pelawak. Terus saja bercerita untuk menguatkan materi Anda. Jadi jika Gagal TIPnya Adalah: Pura pura saja serius atau katakan :

 

* Ini Joke khusus orang cerdas, dan sudah ke 99 saya ceritakan tetap saja tidak lucu. Optimiiiiiis! Besok saya akan coba lagi di kesempatan yg ke 100

 

* Ini Joke khusus untuk ditertawakan dalam hati

 

* Inilah akibat suami takut istri. Sudah sering tidak lucu, tetap saja saya ceritakan karena istri yang nyuruh

 

 

 

 

Dua syarat Training Tanpa HUMOR

 

Jangan Khawatir. Anda boleh mendeliver training tanpa humor, namun ada dua syarat yang Anda penuhi. Pertama: Anda rela untuk tidak dibayar dan yang KEDUA: Anda harus sediakan Ambulance untuk jaga jaga Perserta terjatuh dan gegar otak!

 

 

 

 

Salam Perubahan

Hari Subagya

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger