7 Keterampilan wajib yang Harus Kuasai Seorang Trainer Andalan

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang trainer, tapi bukan hanya sembarang trainer melainkan menjadi trainer andalan. Maka ulasan dalam artikel ini akan memberikan wawasan kepada Anda tentang keterampilan apa saja yang harus Anda kuasai untuk menjadi seorang trainer andalan.

Berdasarkan pengalaman, hasil observasi dan kajian literature yang saya pelajari, ada tujuh keterampilan wajib yang harus dikuasai seorang trainer andalan.  Dan ketujuh keterampilan tersebut akan saya bahas satu persatu untuk Anda.

 1.       Keterampilan menganalisis kebutuhan

Trainer andalan adalah orang yang mampu memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan. Semakin pandai kita menganalisis kebutuhan publik maka peluang untuk memberikan pelatihan yang efektif dan menarik akan terbuka luas.

Dalam hal ini Anda harus lebih peka, lebih banyak mendengar, lebih tajam dalam melihat segala persoalan yang dialami oleh masyarakat.

2.       Keahlian dalam bidang yang dilatihkan

Trainer andalan adalah seorang master, ahli dalam bidang yang akan diajarkan. Kita tidak bisa hanya berbekal sekedar tahu, atau hanya mendalami keahlian secara datar. Namun kita harus benar-benar mendalalami keahlian secara mendalam. Karena dengan penguasaan dan pemahaman yang mendalam dalam bidang yang kita pilih akan menentukan kualitas pelatihan yang akan diberikan.

Jadi jika Anda sudah menemukan bidang keahlian Anda, namun belum mendalam, maka belajarlah terus sampai Anda menguasai keahlian Anda secara mandalam, sampai Anda menjadi master dalam bidang yang Anda pilih tersebut.

3.       Keahlian membangun personal branding

Trainer Andalan adalah orang yang memiliki branding kuat. Anda harus tahu bahwa trainer itu butuh kepercayaan, butuh pengakuan sebelum ia menawarkankan jasa pelatihannya kepada publik. Tanpa Branding yang kuat, maka orang-orang tidak akan percaya dengan kita. Jika tidak percaya maka maka orang-orang tidak akan menggunakan jasa pelatihan kita.

Jika Anda ingin menjadi trainer andalan namun Anda belum punya branding yang kuat, maka bangunlah branding Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya dengan membuat blog, membuat buku atau bergabung dengan orang-orang dengan personal branding yang kuat.

4.       Keahlian presentasi dan public speaking

Trainer andalan adalah maestro di atas panggung. Itu artinya ia piawai dalam melakukan presentasi dihadapan publik. Ia piawai dalam menyun materi presentasi, ia piawai dalam membuat media visual presentasi (slide presentasi) dan ia juga pandai membawakan presentasi. keterampilan ini akan semakin menentukan level kita sebagai seorang trainer dihadapan publik. Karena pada saat inilah kita berdiri di depan audiens, berbicara kepada mereka untuk memberikan informasi, memotivasi, mempengaruhi dan menghibur mereka. Inilah kesempatan di mana kita melatih mereka sehingga mereka benar-benar paham terhadap apa yang sudah kita berikan dan tahu dan mau menindaklajuti ide, saran yang sudah kita sampaikan.

Jika saat ini Anda masih lemah dalam keahlian ini segeralah belajar. Bacalah buku-buku presentasi kelas dunia, bacalah blog-blog yang di tulis oleh praktisi-praktisi presentasi terbaik. lihatlah bagaimana presenter kelas dunia melakukan presentasi, ikutlah seminar atau training presentasi dan segala hal yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan keterampilan Anda pada level yang lebih tinggi.

5.       Keahlian mengkonsep materi training yang efektif dan menarik

Trainer andalan pandai menyusun kurikulum pelatihan. Apa yang akan kita berikan kepada publik harus kita persiapkan dengan baik mulai dari tujuannya, manfaat yang akan diperoleh topik-topik materi-materi yang akan kita sampaikan dan pendekatan atau metode yang akan kita gunakan.

Bukan hanya itu saja tetapi kita juga harus mampu mengevaluasi materi yang sudah kita buat sampai kita benar-benar memiliki materi yang solid untuk calon peserta training. Biasanya ketika training pertama, kedua dan ketiga di awal karir kita sebagai trainer akan banyak penyesuain materi. Ada kalanya Anda akan menambah, tapi ada kalanya juga Anda akan menguranginya.

6.       Keahlian menjual training

Trainer andalan adalah orang yang pandai menjual trainingnya dengan sukses kepada publik. Ini harus  dimulai dengan proposal penawaran yang kita berikan. Jika proposal sudah ok, kita baru memikirkan bagaimana cara promosi yang paling efektif. Apakah melalui blog, landing page, iklan facebook, atau yang lain.

Jika Anda belum menguasai hal ini, maka belajarlah dari sekarang ada banyak buku yang bisa Anda pelajari bagaimana cara marketing yang baik. Salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah buku marketing revolution ditulis oleh Tung Desem Waringin. Menurut saya buku itu sangat baik, bisa Anda pelajari untuk menjual training Anda kepada publik. Salain dari buku Anda juga bisa belajar internet marketing dari para pakar marketing internet, itu akan sangat membantu jika Anda ingin menjual training Anda lewat internet.

7.       Keahlian dalam bepikir kreatif dan inovatif

Trainer andalan adalah orang yang kreatif dan inovatif. Mereka berpikir dengan cara yang berbeda. Mereka berpikir tidak dalam kotak tapi diluar kotak. Mereka pandai mengasah otak kanan mereka untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan beda.

Anda juga harus tahu profesi trainer saat ini adalah profesi yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Sehingga akan banyak bermunculan trainer-trainer yang akan menjadi saingan Anda dalam kancah dunia pelatihan. Dan yang akan bertahan adalah mereka-mereka yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pelatihan yang mereka berikan.

Demikianlah tujuh keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh seorang trainer andalan. Ini bukan berarti tidak ada hal lain yang harus Anda pelajari dan Anda kuasai. Masih banyak hal lain yang perlu Anda kuasai. Seperti bagaimana mengembangkan kebiasaan efektif sebagai seorang trainer, bagaimana menjadi pribadi yang produktif, bagaimana menemukan passion dan masih banyak lagi yang lain. Tapi satu hal yang pasti, semua orang bisa menjadi trainer, semua orang bisa menjadi trainer andalan dengan catatan dia mau belajar dan take action untuk mengejar hal tersebut.

__._,_.___


Posted by: Peoplesoft Indonesia

Share this article :
 

+ comments + 1 comments

August 24, 2018 at 10:46 PM

ada daftar pustakanya ka ?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger