Hubungan komunikasi intrapersonal dan interpersonal

Dosen: siapa proklamator kemerdekaan indonesia
mahasiswa 1: Soekarno pak
Dosen: SALAH… masa gitu aja nggak tau? (nada agak tinggi)
Mahasiswa 2: bung Hatta pak..
Dosen: Salah juga… ini lebih lebih.. saya ulangi pertanyaannya ya siapa proklamator Indonesia?
kelas menjadi hening… tidak ada yang berani menjawab

 

lalu saya mulai menjelaskan.
apa yang terjadi pada diri anda? ketika saya bertanya, pada saat pertama kali saya anda (menunjuk mahasiswa 1) menjawab dengan yakin sekali. namun dengan nada agak tinggi saya bilang SALAH, lalu anda (mengarah ke mahasiswa 2) saya bilang SALAH juga, lalu anda semua (menatap ke semua mahasiswa) menjadi ragu ragu, diam dan takut salah nggak ada yang berani menentang dan yakin dengan jawaban anda sendiri.

interaksi saya dengan anda semua adalah bentuk komunikasi interpersonal dan interaksi barusan menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dengan anda semua telah mempengaruhi komunikasi intrapersonal diri andas sendiri. saya sebagai pihak otoritas sebagai dosen menyalahkan pendapat anda walaupun itu benar. namun yang terjadi anda menjadi ragu, anda berkomunikasi dengan diri anda sendiri “lho kok salah?, apa yang salah?, siapa ya?, mau jawab tapi nanti takut salah lagi, jawaban yang bener apa ya?”

adegan diatas adalah sekelumit perkuliahan Psikologi Komunikasi di sebuah Fakultas Psikologi. untuk menjelaskan hubungan antara komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal. bahwasanya kedua hal ini berhubungan dan saling mempengaruhi satu dan lainnya. komunikasi intrapersonal akan mempengaruhi bagaimana individu berkomunikasi dengan lainnya atau komunikasi interpersonal dan juga sebaliknya.

implikasi praktis dari hubungan ini di perusahaan ketika anda yakin dengan ide atau pendapat anda, yakin sekali akan berhasil namun bos atau atasan anda selalu mementahkan ide anda dan bahkan menanamkan pikiran bahwa anda tidak mampu bekerja dengan baik. lama kelamaan anda menjadi ragu dengan diri anda sendiri dan jika komunikasi intrapersonal diri anda terus meyakininya anda akan kehilangan kepercayaan diri bahkan kemampuan anda.

 

Salam

Adang Adha

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger