Menemukan Kekuatan Diri

by: Adang Adha 

 

Pernahkan anda mengalami anda dapat Memecahkan suatu masalah dengan mudah sedangkan orang lain kesulitan memecahkannya? Ketika solusi anda lebih simple dan efektif  dibanding oranglain, ketika anda dapat mengerjakan sesuatu lebih cepat sedangkan orang lain mengerjakannya merasa kesulitan dan lebih lambat. Sebaliknya ketika anda mengerjakan sesuatu yang terasa sangat sulit bagi anda dan hasilnya pun tidak maksimal namun orang lain dapat melakukannya dengan cepat dan lebih maksimal maka pahamilah bahwa mungkin itu bukan keahlian anda dan andapun tidak perlu iri dan minder karena tidak dapat melakukannya sebaik orang lain.  Membanding bandingkan kekuatan diri sendiri dengan orang lain dalam hal kekuatan yang berbeda hanya akan memukul mundur  mental anda. Jika anda ingin membandingkan diri dengan orang lain bandingkanlah ketekunan dan kegigihan anda dengan orang lain  dalam mengasah kekuatan. 

 

Ada berbagai cara menemukan kekuatan diri, mulai dari cara yang sederhana sampai dengan analisis yang mandalam. Cara paling mudah menemukan kekuatan adalah menginventarisis semua keahlian anda dan mengurutkannya mana keahlian yang anda sangat hebat dalam melakukannya dalam artian anda dapat melakukannya lebih cepat dan lebih baik. Nah urutan pertama dan seterusnya adalah kekuatan anda. Cara lainnya adalah dengan melakukan tes psikologi untuk menginventarisis kekuatan anda.  

Kekuatan anda dapat terbentuk dari pekerjaan yang anda lakukan sebelumnya, anda terlatih melakukannya sehingga anda dapat melakukannya lebih baik dari oranglain. Atau keahlian yang memang anda sengaja latih karena anda menyukainya anda mencitainya sehingga anda menghabiskan waktu anda berjam jam hanya untuk melatihnya.  Salah satu penyanyi yang saya kagumi dalam melatih keahliannya adalah agnes monica, disiplin melatih suara dan koreografer berjam jam untuk menjadi lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya, hasilnya penyanyi pop yang luar biasa yang menjejakkan karirnya di dunia internasional yang anda kenal sekarang ini.

 

Seringkali kekuatan didapat dari pekerjaan anda misalnya seorang analis keuangan perusahaan yang setiap harinya adalah menganalisis laporan keuangan, menemukan kesalahan dalam aliran keuangan, menemukan gap dalam system keuangan dan memberikan solusi untuk mengatasinya sehingga dari a sampai z masalah keuangan ia kuasai, menjadi orang yang dapat diandalkan untuk masalah masalah yang berkaitan dengan keuangan orang seperti ini mendapat kekuatan dari pekerjaan yang mengharuskan ia menjadi ahli dalam hal keuangan.  Dan jika orang bertanya tentang keuangan ia bisa menjelaskan berjam jam soal keuangan dan seluk beluknya. Seperti yusianto orang dibalik produsen dan kedai kopi terkenal di Indonesia, memulai keahliannya sedikit demi sedikit tentang kopi di puslitkoka dan menekuni kopi dan cokelat pasca panen dan diakui dunia oleh Speciality Coffee Association of America (SCAA), sebuah sertifikat yang diakui oleh dunia internasional, menunjukkan bahwa pemegangnya benar-benar ahli tentang cita rasa kopi. Jangan Tanya soal kopi kepada yusianto anda akan mendapat cerita panjang berjam jam soal kopi.

 

Orang orang luar biasa karena fokus pada kekuatan dan terus mengembangkannya. Jika anda saat ini belum mengetahui kekuatan anda, segera putuskan untuk menggalinya dan jika sudah menemukannya latih terus kekuatan anda sehingga anda menjadi luar biasa dalam bidang tersebut. Fokuskan energy anda untuk hal yang akan membuat anda menjadi luar biasa, dan bukan fokus menjadi orang yang rata rata 

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger