Bagaimana Teknologi Elektronika Mempengaruhi Laporan Bisnis

        Laporan tidak harus dibuat diatas kertas dalam lingkungan bisnis dewasa ini. Praktis semua laporan yang dibahas dalam bab ini dapat disesuaikan menjadi format komputer. Dunia bisnis pernah membayangkan kantor tanpa kertas beberapa tahun yang lalu, dan akhirnya impian itu menjadi kenyataan untuk banyak organisasi. Penduduk Amerika Serikat sekarang dapat memasukkan surat pemberitahuan pajak secara elekronik, SEC bahkan meminta perusahaan untuk memasukan laporan secara elektronik, dan ribuan perusahaan telah menerapkan prosedur melaporkan secara elektronik untuk berkomunikasi dengan karyawa, pelanggan dan pemasok.

        Laporan elektronik dapat dibagi menjadi dua kategori : Pertama laporan yang pada dasarnya menggantikan laporan kertas. Anda hanya perlu menulis laporan menggunakan pengolah kata seperti biasa, tetapi tidak perlu mencetak dan menggandakannya, mendistribusikan file itu secara elektronik. Pada umumnya sistem e-mail sekarang mempunyai kemampuan menyisipkan file untuk mendukung distribusi dokumen secara elektronik. Kategori lain dari laporan elektronik termasuk kategori yang unik pada format elektronik. Misalnya, sebuah situs intranet dapat menyediakan teks, video, dan suara dalam sebuah “laporan” terpadu.

Apabila menjajaki perangkat lunak untuk laporan elektronik, Anda akan menemukan kelas perangkat lunak yang dikenal sebagai report writers atau reporting tools. Sayangnya alat ini tidak secara ajaib menulis laporan bisnis bagi Anda. Perangkat lunak ini didesain untuk menyarikan dan memformat data dari database komputer. Misalnya, Anda dapat menggunakan database personalia untuk membuat laporan yang menyusun peringkat pendapatan karyawan atau database pelanggan untuk membuat label alamat semua pelanggan Anda. Setelah laporan dihasilkan, Anda dapat mencetaknya atau mendistribusikannya secara elektronik. Disamping itu dengan beberapa program untuk menulis laporan Anda dapat bekerja secara interaktif dengan database, pada dasarnya membuat laporan yang sesuai dengan permintaan dan input Anda.

                                                                                                                                                           ;                                

Sumber: Komunikasi Bisnis, Jilid 2, Courtland L. Bovee / John V. Thill

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger