Syukur Jalan Menuju Sukses

On Behalf Of Hendry Risjawan

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa kita harus bisa bersyukur dalam hidup ini.

Tapi tahukah Anda bahwa, bersyukur tidak hanya sesuatu yang wajib dilakukan oleh kita yang memiliki iman, tetapi bersyukur adalah juga alat pembuka rejeki dan nikmat yang lebih banyak lagi?

 

Pelajaran ini akan membahas kunc i sukses dahsyat bersyukur ini.

Syukur dan rasa terima kasih kita kepada Tuhan yang telah menganugerahi kita kehidupan ini membantu kita menikmati dan menerima kesuksesan hidup yang selama ini kita cari.

Tetapi bagaimanakah langkah konkret menerapkan kunci sukses dahsyat bersyukur itu, karena kita sering pula mendengar orang yang mengatakan, "Aku selalu bersyukur, kok, tapi nyatanya hidupku hanya begini-begini saja"?

 

Wah, saya harus bilang terus terang, kalau Anda mengatakan kalimat seperti di atas, terutama bagian yang bilang bahwa "hidupku kok ya masih hanya begini-b egini saja", maka, itu berarti Anda belum bersyukur. 

Karena bersyukur bukanlah sekedar kata-kata. Bersyukur adalah sebuah rasa terima kasih dan penghargaan yang mendalam atas sebuah pemberian dari yang Maha Kuasa, entah bagaimanapun bentuk dan rupa pemberian tersebut.

Kalimat model seperti di atas, meski ada kata "syukur"-nya, tetapi jelas terasa tidak mengungkapkan rasa terima kasihnya, karena disebutkan "hidupku ya begini-begini saja".

Walau kalimat tersebut sepertinya mengucapkan syukur, tetapi secara esensi, kalimat tadi merendahkan apa yang sudah diberikan Tuhan, maka sebagai akibatnya, siapapun yang mengatakannya jelas tidak bisa meras akan nikmat yang lebih besar lagi.

Tiadanya rasa terima kasih, syukur dan penghargaan membuat siapapun tidak mampu mengenali dan merasakan nikmat, maka ya tidak terasa.

 

Mengapa dengan bersyukur merupakan jalan bagi kesuksesan ?

Bersyukur (gratitude) diajarkan di hampir semua agama dan merupakan suatu hal yang dominan dalam bidang motivasi dan pengembangan diri. Sebetulnya apa sih bersyukur itu dan kekuatan apa yang ada didalamnya?

Bersyukur mempunyai kekuatan yang besar untuk mere alisasikan mimpi menjadi kenyataan, merupakan jalan bagi hukum-hukum universal seperti hukum atraksi (Law of Attraction), hukum kelimpahan, dan hukum lainnya yang mampu mendatangkan semua kebaikan (uang, kekayaan, kesehatan, kebahagiaan, dll).

Dengan bersyukur, akan mempercepat pertumbuhan dan sukses, menghilangkan perasaan kekurangan, membebaskan diri dari ketergantungan terhadap hasil akhir (outcome) dan selalu berada pada pikiran, perasaan, dan motivasi yang positif.

Di dalam literatur Barat mengenai kekayaan dan kesuksesan, selalu terdapat syukur didalamnya. Dalam bukunya "The Secret" karangan Rhonda Byrne yang terkenal dengan prinsip "Law of Attraction" atau hukum tarik menarik, poin intinya adalah bersyukur.

 

"Melalui semua yang telah saya baca dan alami dalam hidup dengan menggunakan rahasia ini, kekuatan syukur lebih menonjol dibandingkan yang lain" - Rhonda Byrne.

"Syukur adalah jalan yang mutlak untuk mendatangkan lebih banyak kebaikan ke dalam hidup anda" - Marci Shimoff


Dalam bukunya Joe Vitale "The Attractor Factor", Hukum Ketertarikan untuk menciptakan apapun yang Anda inginkan dalam hidup, kunci utamanya adalah bersyukur.
Begitu juga dengan buku kesuksesan klasik karya Wallace D. Wattles, "The Science of Getting Rich" yang menjadi acuan pemikiran dari pengarang Barat dalam bidang kesuksesan dan pengembangan diri, juga berfokus pada rasa syukur (gratitude).

Pembahasan penting dari rasa syukur juga mendasari pemikiran Erbe Sentanu (Quantum Ikhlas), Ary Ginanjar (ESQ), dan Ust. Yusuf Mansur (Kekuatan Infaq) serta lebih jauh lagi di dalam agama Islam, terdapat kalimat syukur yang berulang-ulang dalam Al-Qur'an.

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Surat Ibrahim:7)

Katakanlah : "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran , penglihatan dan hati." (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur. (QS. 67:23)

Dan Allah akan memberi balasan dan menambah nikmat-Nya kepada orang-orang yang bersyukur. (QS. Surat Ali Imran: 144 )

Rasa syukur mendasari dan diaplikasikan dalam semua ibadah melalui do'a, dzikir, sholat dan zakat merupakan perwujudan dari rasa syukur dan jalan bertaqwa kepada Allah SWT.

Berkah adalah hadiah dari Yang Maha Kuasa, bersyukur adalah tindakan sadar untuk mengambil hadiah tersebut.

 

Cara-cara Bersyukur:

1.    Coba membiasakan diri mencatat, setiap hari, semua hal baik yang terjadi pada kita hari itu. (Keep a gratitude journal).

2.    Setiap hati kita suntuk dan resah, dan mulai kehilangan semangat dan kepercayaan, coba baca ulang "jurnal syukur" Anda tersebut, dan lihat betapa banyak yang TUHAN TELAH berikan kepada Anda.

3.    Bila Anda sendiri sedang merasa kekurangan, coba cari beberapa orang yang Anda tahu lebih buruk lagi kondisinya dibandingkan Anda. Cari, temui, amati kehidupan mereka.

4.     Terapkan ajian "UNTUNG" ala orang Jawa (untuk suku lain, maaf kalau saya salah klaim tentang falsafah ini, karena sebagai orang Jawa, setahu saya, orang Jawalah yang suka memakai aji-aji ini...)... yaitu, bila mereka tertimpa musibah, mereka selalu mencari baiknya dan mengatakan, "Untung ya ....." (lalu menyebutkan sesuatu yang sebaliknya dari musibah tadi).

Misalnya: Bila satu keluarga sakit semua, mereka akan bilang, "Untung tidak sampai meninggal." "Atau untung punya uang untuk berobat." Atau "Untung tidak perlu sampai dirawat."

Dan untung-untung lainnya. Yang intinya mencari "the silver lining of the dark grey clouds" atau mencari elemen positif dari segala sesuatu yang di luarnya nampak negatif. 

5.    Cara menerapkan kunci sukses bersyukur berikutnya, adalah dengan selalu menjawab dengan penuh semangat dan rasa bahagia semua pertanyaan yang menanyakan kabar Anda, entah itu tentang kondisi kesehatan, keuangan Anda, kehidupan Anda dsb.

Jawab semua pertanyaan tentang kabar Anda dengan kalimat seperti berikut,

"Alhamdulillah atau Puji Tuhan........." (lalu sebutkan berita baiknya). Apapun itu berita baiknya, walau sekecil apa.

Jangan katakan dengan lesu dan lemas, "Ya, beginilah nasib saya Mas" atau jawaban lain yang senada.

Jangan sekali-kali men gecilkan apapun yang telah diberikan Tuhan pada kita. 

6.    Sering-sering mengadakan acara "syukuran" juga merupakan langkah menerapkan kunci sukses dahsyat bersyukur ini. (Yes, make every day a thanks-giving day).

Bisa berupa mentraktir makan sobat karib (berdua saja bila memang dana terbatas) sebagai rasa syukur dia telah mendukung kita selama ini.

Bisa lebih besar dengan mengundang tetangga makan-makan di rumah. Bisa dengan mengirim makanan ke panti asuhan, ke anak-anak jalanan di bawah jembatan, ke mana saja.


Jadi, sudahkah kita bersyukur ?

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger