Manakah Tipe PEMIMPIN di Sekitar Kita ?

On Behalf Of Bro Yunus

Ada beberapa tipe pemimpin yang saya ketahui, lihat, dengar, dan rasakan ………………..

 

1. Pemimpin yang pintar tapi malas

Pemimpin  adalah pemimpin yang sebenarnya sangat handal karena dia tahu bagaimana memecahkan semua masalah dan memberi solusi yang luar biasa bagus. Sayangnya kelemahan yaitu malas, dalam arti dia hanya bisa menuruh bawahannya untuk melakukan semua tugasnya. Nah kalau asistennya ada masalah barulah dia mau turun tangan. Tipe pemimpin semacam ini kurang disukai oleh bawahannya karena kurang bisa dekat dengan bawahan serta kurang bisa komunikasi yang baik dengan bawahannya.

 

2. Pemimpin yang pintar dan gaul

Pemipin model ini selain bisa diandalkan dalam bekerja dan juga bisa dekat dengan bawahan ataupun atasan.  Mereka juga tidak segan2 membagi ilmunya kepada bawahan. Sebenarnya bukan cuma membagi ilmu, tapi juga ada sisi positif buat dirinya…yaitu kalau dia berhalangan dia akan mendelegasikan dan tinggal menyuruh anak buahnya yang melaksanakan tugasnya. Selain itu, mereka juga handal dalam hal memotivasi bawahannya serta baik sebagai motivator. Kekurangan dari tipe ini yaitu sering dianggap sepele sama bawahan karena dia sudah dianggap sebagai teman oleh bawahannya. Selain itu bawahannya bisa jadi bumerang bagi dirinya dikemudian hari karena mereka sudah bisa dan tahu melakukan semua tugasnya. Tapi bukanlah pemimpin kalau tidak tahu bagaimana menangani soal ini bukan??

 

3. Pemimpin yang pintar, rajin tapi galak

Pemimpin Tipe ini hampir sama seperti jenis yang ke-2 kecuali dalam hal galaknya. Pemimpin ini sering kali langsung meledak kalau ada hal yang tidak benar dimatanya dan lebih sering menggunakan emosi. Tapi pemimpin jenis ini sangat lihai dalam berdiplomasi dan mempertahankan pendapatnya.

4. Pemimpin yang bodoh tapi sok tahu

Ini adalah tipe pemimpin yang amat sangat menyebalkan. Sebenarnya mungkin saja dia itu baik…tapi karena tidak mempunyai people skills dan kemampuannya pun bisa dibilang rendah, maka dia menjadi dibenci sama semua bawahannya. Dia sering kali mencoba untuk menjegal semua orang yang dia rasa sebagai saingannya.

 

5. Pemimpin Tipe Kolerik

Tipe ini dijuluki dengan sebutan sipengatur.
Kekuatannya : memiliki ego tinggi, sangat rasional, aktif, serba cepat, percaya diri, optimistis, berfokus pada tugas, suka tantangan, senang kompetisi, lugas, punya insiatif, cepat mengambil keputusan, serba senang pada kekuasaan.  
Kelemahannya : Suka mengatur dan otoriter, tidak sabar, tidak teliti, tidak suka basa basi, kurang empati.

6. Pemimpin Tipe Sanguinis

Tipe pemimpin ini dijuluki dengan sebutan sipandai bergaul.
Kekuatannya : energik, penuh ide spektakuler, hangat, komunikatif, humoris, berfikiran terbuka, pandai bicara, persuasif, senang bersosialisasi, humoris, berfikiran terbuka, suka menjadi pusat perhatian, suka perubahan, bersikap positif dan toleran. Kelemahannya : banyak bicara, kurang serius, mengangap enteng masalah, tidak detail, tidak sistematik, dan kurang terorganisasi.

7. Pemimpin Tipe Flekmatis

Pemimpin seperti ini  dijuluki dengan sebutan sipemelihara hubungan. Kekuatannya : berpegang pada status quo, taat pada tradisi dan nilai, berprinsip hidup harmonis, sangaat mengagungkan orientasi, sabar tidak menyukai konflik, mengutamakan hubungan baik, sangat setia, lulus hati, suka rutinitas, stabil, konsisten, senang menolong, menghargai pendapat orang lain. Kelemahannya : lebih pada orang bayak daripada tugas, selalu mencari aman, lambat merespon, menghindari perubahan, kaku bila menghadapi situasi baru, kurang tegas, kurang inisiatif, dan kurang mengasah kreativitasnya.

8. Pemimpin Tipe Melankolis

Pemimpin dengan tipe ini dijuluki dengan sebutan sipemikir yang teliti.
Kekuatannya : konseptor, sangat teratur, terencana, berfokus pada tugas, disiplin, akurat, mengutamakan sistem dan prosedur, suka menganalisis dan merancang sesuatu, detail, kritis, hati-hati, logis, obyektif, dan mengutamakan standar tinggi. Kelemahannya : sulit menugasi dan percaya pada orang lain, lambat mengambil keputusan, sensitif, mudah tersinggung, tertutup, menyimpan perasaan khawatir, dan kurang terbuka.

9. Pemimpin Yang Arogan

Pemimpin seperti ini tipe ini percaya bahwa memotivasi karyawan hanya dapat dilakukan  dengan cara intimidasi, kekerasan dan menebarkan ketakutan. Mereka senang sekali melihat bawahannya merunduk-runduk dan menyembah-nyembah padanya. Atasan ini mustahil mau bersikap manis pada bawahannya.

 

10. Pemimpin yang Idiot

Pemimpin ini benar-benar bodoh. Tak peduli berapa kali anda berusaha menjelaskannya pada mereka, tapi mereka tetap saja membuat anda menggeleng-gelengkan kepala. Ajukan pada mereka sebuah strategi konyol, mereka pasti akan menyetujuinya. Anda tentu heran bagaimana mereka bisa sampai pada kedudukan ini, bahkan terus mendapatkan promosi. Mengapa? Karena mereka selalu berusaha menyenangkan atasan mereka.

 

11. Pemimpin Yang Suka Berpolitisi

Tipe pemimpin ini berusaha memanipulasi orang lain sedemikian rupa sehingga setiap orang akan mengatakan apa yang ingin mereka dengar. Selama berminggu-minggu, berbulan-bulan dan bertahun-tahun, mereka terus menyebarkan kebohongan. Sebenarnya mereka ini adalah orang yang lihai memutarbalikkan kenyataan sesuai kemauan mereka. Perhatian mereka tak pernah tertuju pada apa yang baik bagi perusahaan, namun apa yang baik bagi diri mereka sendiri.

 

12. Pemimpin Seperti Ular

Pemimpin tipe ini suka sekali berkata, "Saya benar-benar mengusahakannya untuk anda." sambil tersenyum manis padahal mereka sama sekali tidak tulus. Mereka pandai sekali memadukan kelicikan seekor ular dengan kemampuan akting aktor peraih Oscar. Ucapan mereka tak bisa dipercaya dan suka mengadu domba serta bermain di air keruh. Seringkali dia merupakan sutradara dari konflik antar karyawan atau kelompok.

 

13. Pemimpin Yang Workaholic.

Pemimpin tipe ini tidak mempunyai kehidupan. Mereka hidup untuk bekerja. Bahkan bekerja adalah hidup itu sendiri. Bagi mereka, foto keluarga di meja kerja sudah cukup untuk menunjukkan perhatian pada anak-anak dan keluarganya. Mereka suka menentukan deadline yang tidak realitis, menelepon anda di rumah, mengadakan perjalanan dinas di akhir pekan. Memang itulah 
teknik-teknik mereka. Sebagian besar bawahan bekerja melebihi jam kerja normal hingga larut malam tanpa adanya pengakuan atau imbalan yang memadai. Kenyataannya semakin banyak pekerjaan yang menjadi tanggung jawab mereka, semakin banyak imbalan yang diberikan pada mereka, namun tak sepeser atau sedikitpun penghargaan diberikan pada bawahannya.

 

14. Pemimpin Yang  Suka Mempersulit orang lain (prinsip hidup yg disukainya “Kalau bisa dipersulit mengapa mesti dipermudah ! tape dech), Sangat Menyebalkan, Selalu bersikap Subyektif dan Diskriminatif, Selalu Bertindak Tidak Adil, Pendendam, Penjilat, Egois, Tidak Menyukai Kemajuan dan Kelebihan Bawahan, Memiliki lidah setajam pisau.

 

16. Belum jadi pemimpin

Semua orang bisa jadi pemimpin….tapi tergantung dari orang itu sendiri apakah dia mau atau tidak. Pemimpin itu yang berasal dari turunan hanya 10% dan sisanya adalah melalui proses belajar, pengalaman dan masukan saran dari teman/lingkungan.

 

KUNCI SUKSES MENJADI PEMIMPIN
Honored, Encourage, Atitude, Reliable, Thoughibul yaitu seorang pemimpin harus dihargai dan dihormati orang lain, bisa memberi motivasi dan inspirasi, sanggup menerima perbedaan, bersedia melayani. Sukses pemimpin diperoleh dari sukses bawahan dan tim yang dipimpinnya.

Nah bagaimanakah anda sendiri sebagai pemimpin atau tipe2 apa pemimpin di organisasi atau disekitar Anda ??

Have a positive day!

 

 

 

   

    

    

   






































__._,_.___

Reply via web post

Reply to sender

Reply to group

Start a New Topic

Messages in this topic (3)

Recent Activity:

·                                 New Members 5

=====================================================================
Info Kegiatan TCI:

info selengkapnya di www.trainersclub.or.id

=====================================================================
Dengan milis TCI... Anda dapat saling sharing pengetahuan & pengalaman, diskusi, maupun "menuai" berbagai informasi lainnya yang telah "ditabur" oleh rekan-rekan pengguna milis untuk pengembangan diri sebagai seorang Trainer.

Jangan lupa kunjungi Website Kita di http://trainersclub.or.id
==========================================================================
Setting Email (send blank email to):
Subscribe (Daftar)              : Trainersclub-subscribe@yahoogroups.com
Unsubscribe (Keluar dari Milis)      : Trainersclub-unsubscribe@yahoogroups.com
Tidak mau menerima Email      : Trainersclub-NOMAIL@yahoogroups.com
Kembali ke menerima email           : Trainersclub-normal@yahoogroups.com
Hanya Menerima email harian        : Trainersclub-digest@yahoogroups.com
Kirim email ke Milis              : Trainersclub@yahoogroups.com
Kirim email Owner/ Moderator    : Trainersclub-owner@yahoogroups.com
==========================================================================

MARKETPLACE



.

__,_._,___

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger