Sampaikan Masalah Pada Atasan

Cahya Ramadhan, 26 Februari 2014.

Mungkin anda pernah punya masalah seputar pekerjaan yang membuat anda pusing tujuh keliling di kantor. Mau menyelesaikan sendiri anda bingung tapi mau ngomong sama bos juga nggak ‘enak body’. Akibatnya anda semakin bete dengan pekerjaan anda.

Padahal, menurut pakar karir jika anda menghadapi masalah pekerjaan, apalagi yang berat, jangan tunda-tunda untuk menyampaikannya pada bos. Semakin lama anda mengungkapkannya, semakin berat pula masalah anda. Kecuali jika anda yakin dapat menyelesaikannya seorang diri. Dengan menyampaikan pada bos, paling tidak ia bisa segera memikirkan solusi bersama. Sehingga anda akan terhindar dari situasi yang lebih buruk.

Tapi tentu saja anda tidak bisa asal menyampaikannya. Sampaikan masalah tersebut saat bos dalam keadaan rileks. Selain itu sampaikan masalah dengan netral. Jangan dengan ekspresi tegang apalagi stres berat. Jangan menambah-nambahkan masalah dengan keterangan yang berlebihan. Hal ini akan membuat persoalan lebih buruk. Sebelum menyampaikan masalah, persiapkan fakta-fakta yang singkat namun akurat. Kemudian sampaikan masalah tersebut dengan lugas dan asertif .

Saat menyampaikan masalah, sebaiknya anda jangan hanya bertindak sebagai pelapor, tetapi anda harus mencoba menawarkan solusi juga. Walaupun solusi anda tidak dipakai, tapi paling tidak anda sudah mencoba memberikan jalan keluar. Jadi tidak terkesan anda cuma bisa melempar masalah. Tapi ingat loh, di samping menyampikan masalah, ada baiknya anda juga menyampaikan kabar baik. Misalnya tentang target yang telah anda capai.

Nah, anda yang punya masalah di kantor jangan terlalu lama memendam sendiri. Cobalah bertemu atasan dan bicarakan masalah anda..!

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger