PIGURA PIKIRAN ANDA

may 18, 2016 BY NLP LEADERSHIP INDONESIA

Dalam Neuro linguistic Programing ( NLP ) ada disebut Frame atau Pigura. Yes, pigura untuk menaruh foto anda. Dalam kehidupan kita, apapun tingkah laku kita  yang akan keluar tergantung dari frame atau pigura apa yang anda taruh dalam pikiran anda. Anda bisa berpikir positif maupun negative juga tergantung apa pigura apa yang anda gunakan.

Alfred Korzybski seorang ahli semantic yang dimodel oleh Dr Richard Bandler dan John Grinder pernah mengatakan "Tidak ada 2 orang atau situasi atau proses tahapan akan sama dalam semua detailnya" Beliau melanjutkan bahwa pengetahuan dan pengalaman manusia dibatasi oleh Human Nervous system dan bahasa yang digunakan dalam diri mereka. Dan tidak ada seorang pun dapat mengakses sebuah pengalaman yang sama dan hasilnya sama. Karena mereka di batasi oleh filter di otak kita yang akan merespon sebuah kenyataan. Inilah yang disebut The Map is not the territory.

Dan saya tidak akan membahas tentang The Map is not the territory disini, tapi saya lebih menitik beratkan bahwa siapapun orangnya dapat pengertian atau membuat arti yang berbeda dari semua kejadian dan apa respon yang akan kita lakukan.

Bila Anda melihat sebuah foto singa yang galak dan membuat Anda sedikit mengerikan. Apalagi bila anda berikan pigura yang kaku dan angker maka kesan angkernya akan lebih menonjol dari singa itu, betulkan?

Tapi bila anda ganti pigura yang sedikit angker tersebut dengan pigura bercat pink dan ada bulat-bulatan totol hitam, apakah menjadi angker atau lucu? Betul pasti berubah pikiran kita ketika melihat hal tersebut. Singa tadi berubah menjadi hal yang lucu. Padahal hanya menganti pigura saja. Aneh juga yakan? Inilah yang disebut FRAME of Mind.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger