Loyalitas

Dlm pembicaraan suatu interview dengan calon karyawan :

 

Calon (C): "Bu, di perusahaan ini tiap tahun kenaikan gajinya berapa % ya?"

 

HRD (H) : "Kenaikan gaji ditentukan oleh bbrp faktor: prestasi individu, kemampuan perusahaan & biasanya laju inflasi. Kami tdk bisa menyebutkan persentasenya krn itu juga mrpkan rahasia perusahaan."

 

C : "wah..saya perlu tahu spy saya bisa menghitung kira2 thn dpn estimasi total income saya setahun. Kalau tdk besar kenaikan gajinya per tahun, saya akan pikir2 dahulu"

 

H: "Anda tahu Mbah Maridjan?"

 

C : "Tahu bu. Yg kmrn meninggal kena letusan Merapi. Memang kenapa bu?"

 

H: "Anda tahu dia penjaga Merapi yg mendptkan amanah dari Sri Sultan?"

 

C : "Saya baca di koran begitu bu. Kenapa bu?"

 

H :"Anda tahu gajinya mbah Maridjan hanya 80 ribu per bulan? Tp dia tetap loyal menjalankan tugasnya smp akhir hayatnya?"

 

C : " Busyet,... kecil juga ya bu, gajinya dia. Tp apa hubnya dgn pertanyaan saya ?.."

 

H: "Ow ada hubnya. Bedanya Anda dgn Mbah Maridjan, Anda sudah bertanya dahulu berapa % kenaikan gaji di perusahaan ini sebelum bekerja menunjukkan kontribusi, sedangkan mbah Maridjan tdk pernah mempertanyakan jumlah gaji yg diterima tapi tetap bekerja dengan loyalitas tinggi. Sudah paham??"

 

Loyalitas memang sulit dicari di jaman seperti sekarang..

 

Have a positive day!


Salam Inspirasi,
Mohamad Yunus, CPHR, CHT, MNLP

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger