Tempat Kerja yang Dicari Orang

Karakteristik Tempat Kerja yang Dicari Orang

A.M. Lilik Agung

            Para  trainer yg budiman,

            Menarik menyimak hasil penelitian terbaru dari konsultan terkemuka di planet ini Accenture, tentang tempat kerja yang dicari orang. Penelitian yang dilakukan dihampir lima benua dengan tajuk ”Karakteristik Tempat Kerja yang Dicari Orang” ini tak lain merupakan sumber motivasi seseorang bekerja. Ada lima kesimpulan sebagai berikut:

 

1.Pekerjaan yang menarik dan menantang

Ternyata pilihan utama dari karyawan terhadap perusahaan adalah apabila dalam tugas dan tanggung jawab pekerjaannya menantang kreativitas dan kecerdasannya. Pekerjaan yang monoton, aman dan berada di wilayah nyaman bukan lagi merupakan tawaran menarik.

 

2. Menghargai dan mengakui hasil kerja

            Konsep lama tentang motivasi kerja yang digagas oleh Frederich Herzberg lima puluh tahun lampau ternyata masih menunjukkan relevansinya. Penghargaan dan pengakuan atas hasil kerja merupakan pilihan dari mayoritas karyawan terhadap perusahaan yang dicarinya, tidak lagi sekedar gaji atau upah.

 

3. Kesempatan pertumbuhan dan peningkatan karir

            Peningkatan karir tetap saja menjadi pilihan bagi karyawan dalam bekerja walaupun kampanye tentang menjadi wirausaha begitu gencar dipublikasikan. Kejelasan karir yang sejalan dengan perencanaan karir dari karyawan menjadi pertimbangan loyalitas karyawan terhadap perusahaan bersangkutan. Sekiranya perusahaan tidak bisa mengakomodir karirnya, tidak segan-segan karyawan akan mencari peluang pada perusahaan lain

 

4. Memiliki kemampuan finansial dan mampu bertahan lama

            Perusahaan dengan kemampuan finansial dan berumur panjang biasanya perusahaan yang mengakomodir tiga pilihan karyawan di tempat kerja (pekerjaan menantang, menghargai hasil kerja dan peningkatan karir). Perusahaan demikian juga memberi kejelasan dan ketenangan dalam bekerja sehingga konsentrasi karyawan dapat maksimum.

 

5. Menekankan pentingnya manusia.

            Akhirnya idiom bernama karyawan adalah aset utama perusahaan tidak berhenti sebatas retorika semata. Perusahaan yang benar-benar mempraktikkan idiom ini akan menjadi pilihan bagi orang-orang terbaik untuk menyalurkan ide-ide dan tenaganya bagi kemajuan perusahaan. 

            Dari kelima hal tersebut, mana yang menjadi sumber motivasi (pilihan) Anda tetap bekerja diperusahaan sekarang ini?

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger