25 Tips Menjaga Keselamatan Anak Tanpa Mengganggu Berbagai Aktivitas Kehidupan M

Bagaimana agar anak Anda dapat selalu terjaga keselamatannya ?

Berbagai media memberitakan hal hal yang memilukan tentang anak anak bangsa ini. Penculikan, pembunuhan, aktivitas jual beli anak yang korbannya adalah anak anak bangsa ini. Kita harus melakukan sesuatu. Dengan menjaga keselamatan anak anak kita tanpa mengganggu aktivitas keseharian mereka adalah suatu langkah kecil untuk keselamatan anak anak bangsa ini.

The National Center for Missing & Exploited Children di Amerika memberikan 25 tips praktis utuk menjaga agar Anak Anda selalu aman di berbagai aktivitas kehidupan mereka.

Saat berada di rumah

1. Ajari anak agar hafal nama lengkap mereka, nama lengkap Anda sebagai orang tua, alamat rumah, dan no telpon rumah.

2. Pastikan anak tahu cara menghubungi kantor Anda dan telepon genggam Anda

3. Ajari anak bagaimana dan kapan saat yang tepat untuk menghubungi nomor darurat dan pastikan mereka mempunyai orang dewasa yang sudah dipercaya apabila mereka dalam kondisi darurat

4. Perintahkan anak untuk tetap menjaga pintu rumah agar tetap terkunci, bagaimana cara menjawab telepon dengan baik dan larang mereka untuk membuka pintu dan berbicara pada orang yang tidak dikenal saat mereka sendirian di rumah. Buatlah hal hal tersebut sebagai suatu aturan di rumah.

5. Piihlan baby sitter penjaga anak (apabila diperlukan) yang nama baiknya sudah dikenal berdasarkan referensi dari teman, kerabat, atau tetangga. Lakukan "inspeksi mendadak" dengan tiba tiba pulang ke rumah untuk melihat kondisi anak bersama baby sitter di rumah dan mintalah anak untuk menceritakan kondisi mereka ketika bersama sang baby sitter.

Saat berakivitas di dunia maya

6. Pahami dunia internet agar kita dapat megajarkan anak lebih jauh mengenai keamanan di dunia internet.

7. Tempatkan komputer keluarga di area umum di dalam rumah dan hindari untuk menmpatkannya di dalam kamar. Buat aturan tentang penggunaan internet untuk anak serta awasi aktivitas online mereka.

8. Ketahui tempat tempat mengakses internet anak anda saat berada di sekolah, perpustakaan atau rumah teman temannya

9. Gunakan pengaturan "Privacy" pada web jejaring sosial untuk mencegah kontak dengan pengguna yang tidak jelas asal usulnya, serta samarkan nama anak anda yang ditampilkan di profil web ejaring sosial Anda

10. Komunikasikan dengan baik kepada anak Anda agar mengungkapkan segala hal yang berkaitan dengan interaksi mereka dengan orang orang yang membuat anak Anda merasa sedih, takut, atau kebingungan

11. Peringatkan anak Anda agar tidak menampilkan fotonya atau foto temannya yang dianggap melanggar norma kesopanan

saat beraktivitas di sekolah

12. Antarkan anak Anda sesekali sambil memperkenalkan rute jalan, tempat tempat yang mudah dikenali sepajang jalan, dan tempat aman untuk bersembunyi atau meminta bantuan apabila mereka diikuti oleh orang yang mencurigakan.

13. Ingatkan anak agar selalu bersama teman kapanpun saat mereka berjalan, mengendarai sesuatu ke sekolah, atau menunggu kendaran umum/ jemputan di tempat pemberhentian.

14. Peringatkan anak agar jangan menerima tumpangan sembarangan tanpa seizin Anda

Saat Beraktivitas di Luar

15. Bawa anak Anda berkeliling utuk mengenal tetangga tetangga dan sampaikan kepada mereka, rumah tetangga mana saja yang boleh mereka kujungi tanpa harus Anda temani

16. Ingatkan anak Anda bahwa tidak mengapa mengatakan"tidak" terhadap apapun yang membuat mereka merasa takut, tidak nyaman, atau membingungkan dan komunikasikan dengan baik agar mereka mengatakan apapun yang membuat mereka merasa takut, tidak nyaman, atau membingungkan

17. Ajari dan biasakan anak untuk meminta izin dahulu sebelum meninggalkan rumah

18. Ingatkan Anak Anda agar tidak bermain atau berjalan diluar rumah sendirian

19. Ajari anak Anda agar jangan mendekati kendaraan yang mereka tidak kenal pemiliknya, dan pastikan agar mereka selalu didampingi orang tua atau orang yang dikenalnya.

20. Lakukan sedikit latihan aktivitas tanggapan bersama anak Anda, seperti bertanya "Bagamana apabila sepedamu rusak di tengah perjalanan? Kepada siapa kamu akan minta pertolongan?"

21. Ajari anak Anda agar selalu mengikuti Anda apabila ada perubahan rencana

22. Ketika acara keluarga di luar, tentukan satu titk berkumpul yang mudah dicari apabila Anda dan anak Anda terpisah.

23. Ajari anak Anda cara menemuka bantuan apabila sedang berada di tempat umum seperti Mall, Taman Bermain, dsb., dan tunjukkan kepada sipa saja mereka boleh minta pertolongan, seperti satpam, resepsionis, petugas yang diengkapi name tag, dsb.

24. Bantu anak Anda untuk mengenali dan menghindari sesuatu yag beresiko membahayakan, sehingga mereka siap mengatasinya apabila hal tersebut menimpa mereka.

25. Ajari anak Anda cara mengataasi kondisi apabila mereka ditangkap seseorang agar memuat suatu rencana untuk melarikan diri dan tetap berusaha untuk melarikan diri dengan aktivitas seperti menendang nendang, berteriak, dan tetap melakukan perlawanan.

Semoga Anak Anak kita dapat selalu terjaga keselamatannya dan selalu dalam perlindungan Sang Maha Kuasa.

Salam Safety

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger