Prasangka

ada banyak sekali bentuk prasangka kelas sosial di masyarakat. namun saya sedikit membahas bentuk prasangka kelas sosial kasus yang baru baru ini terjadi 

 

Prasangka kepada kelas sosial bawah 
banyak beredar meme buruh yang sedang demo menggunakan motor mahal . lalu kalimat penjelasannya gimana nggak kurang lha beli motor mahal gitu. 
kalimat kalimat yang menyindir atau mencemooh demo buruh yang meminta kenaikan gaji dengan alasan mereka harus hidup bersahaja dengan gajinya yang kecil. harus bersyukur dan jangan berlebih lebihan beli motor mahal segala, pengeluaran tidak sesuai dengan penghasilan dan lain sebagainya menunjukkan prasangka kelas menengah terhadap buruh yang dianggap kelas bawah. dan mengambil sampel sebagian kecil buruh untuk menggeneralisasi semua buruh untuk tidak meminta kenaikan gaji yang layak.

jika dengan alasan hidup bersahaja mengapa tidak mengkritik kelas menengah atau kelas atas yang pamer liburan ke luar negeri? 
mengapa pula tidak mengkritik kelas menengah yang mencicil rum ah dan mobil sekaligus yang juga tidak sesuai pengeluaran dan penghasilan? 
dan apakah hanya kelas menengah saja yang harus punya rumah? sedangkan buruh harus terus mengontrak dan tidak boleh naik gajinya?

nah jika anda tidak suka ada buruh yang naik motor mahal dan mencemooh mereka cukup untuk menggambarkan prasangka kelas sosial anda

prasangka kepada kelas sosial atas 
baru baru ini beredar gambar mobil lamborghini yang mengalami kecelakaan menabrak gerobak di pinggir jalan. di tambahi dengan keterangan "mentang mentang orang kaya", "kendaraan mahal tidak mencerminkan otaknya" dan gambar ini cukup banyak berseliweran di time line saya dan cukup menunjukkan prasangka kepada kelas sosial atas. padahal belum tentu juga itu adalah kesalahan dari pengendara lamborghini bukan? mereka mengambil sampel 1 kecelakaan yang kebetulan adalah lamborghini ke las mobil mahal untuk menggeneralisasi bahwa orang kaya = sombong suka kebut kebutan, menzolimi orang miskin dll. 
jika yang menabrak adalah mobil avanza atau motor apakah anda akan mengatakan hal yang sama? 
berapa banyak kecelakaan dengan pelaku orang kelas atas? berapa banyak yang kelas menengah? berapa banyak yang kelas bawah? 
alih alih mengutuk perilaku lengahnya dalam mengemudi sebagian orang malah mengutuk "orang kaya" nya 
apakah jika jadi orang kaya tidak boleh lengah dalam mengemudi?

jika pelaku pelanggaran adalah orang yang dianggap kelas sosialnya berbeda dengan anda anda langsung mencemooh, menshare, dan menunjukkan prasangka anda. namun jika hal yang sama terjadi dilakukan oleh orang yang kelas sosialnya sama, maka anda menutup mata, informasi lewat begitu saja, anda tidak mensharenya, tidak mengutuk atau mencemoohnya.

 

Adang Adha 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger