Mempersiapkan Perkiraan Keuangan yang Akurat

Apakah Anda pernah mencoba untuk menebak apa yang akan terjadi besok – atau minggu depan atau tahun depan – dalam bisnis Anda? Jika Anda dapat mengandalkan pada satu hal dalam bisnis, itu yang tidak akan tetap sama untuk waktu yang lama. Dalam bisnis saat ini, perubahan adalah konstan.

Oleh karena itu, pengusaha cerdas mencoba untuk mengantisipasi, perkiraan, dan memprediksi perubahan sebelum terjadi. Dan karena pertimbangan keuangan dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati untuk sebuah perusahaan, prakiraan keuangan dan proyeksi adalah kunci pola praktek manajemen bisnis proaktif.

Ajukan pertanyaan yang mirip dengan berikut jika Anda ingin mempersiapkan perkiraan keuangan yang akurat untuk bisnis Anda:

  • Berapa banyak karyawan yang akan kita miliki di tabel tahun ini, dan berapa uang yang kita miliki untuk membayar mereka jika diperlukan?
  • Apakah kita memiliki dana yang cukup untuk berinvestasi dalam peralatan manufaktur baru yang akan meningkatkan produktivitas pekerja kami sambil meningkatkan output dan menolak penurunan?
  • Berapa banyak uang yang kita perlukan untuk persediaan dalam waktu musim liburan? kapankah uang akan tersedia ketika kita membutuhkannya?
  • Dengan apa kita bisa mengharapkan jumlah pendapatan dan laba yang tumbuh selama tahun depan?
  • Apa waktu pembayaran dari pelanggan utama kami, dan bagaimana mereka akan mempengaruhi arus kas kita?

Pertanyaan-pertanyaan ini, dan seperti yang lainnya, harus terus berada dalam pikiran manajer keuangan – kepala petugas keuangan (CFO), pengendali, presiden, wakil presiden – dan lain-lain yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa bisnis memenuhi semua kewajiban keuangan. Untuk alasan ini, manajer melakukan perencanaan dan perkiraan sesi keuangan biasa.

Ada dua jenis utama dari perkiraan keuangan dan proyeksi: jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, banyak bisnis secara teratur menghasilkan perkiraan kas untuk menjaga tab pada kas masuk dan keluar dari perusahaan. Pada bagian berikutnya, kita bahas yang ketiga.

Perkiraan keuangan jangka pendek

Jika perkiraan keuangan untuk jangka waktu satu tahun atau kurang, itu dianggap perkiraan jangka pendek. Banyak perusahaan menggunakan berbagai perkiraan keuangan jangka pendek dan pro forma (informal) laporan keuangan untuk mengelola operasional sehari-hari.

Jenis perkiraan dan laporan keuangan termasuk

  • Tunai
  • Penjualan atau pendapatan
  • Laba rugi (laporan laba rugi)
  • Neraca keuangan
  • Piutang

Masing-masing Perkiraan ini jangka pendek – dan lain bahwa suatu organisasi dapat memilih – penting untuk orang-orang yang bertanggung jawab atas pemantauan posisi keuangan jangka pendek perusahaan.

Perkiraan keuangan jangka panjang

Jika Anda perlu merencanakan untuk jangka waktu yang panjang lebih dari satu tahun ke depan. Tapi mengingat bagaimana cepatnya lingkungan bisnis berubah, mengapa Anda ingin membuat rencana untuk lebih dari satu tahun ke depan? Tidak akan ada perubahan setidaknya lima atau sepuluh kali sebelum itu? Tentu saja. Tapi bagian dari perencanaan keuangan berencana untuk perubahan.

Lakukan dengan benar, rencana jangka panjang dapat memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif yang pasti. Bagaimana? Dengan cara memberikan fokus dan tujuan pada bisnis Anda.

Pemilik usaha biasanya memiliki visi dimana mereka ingin perusahaan mereka berada di, katakan, sepuluh tahun; sehingga, masuk akal untuk berpikir tentang tonggak keuangan Anda harus melewati jalan yang panjang.

Singkatnya, rencana jangka panjang membutuhkan Perkiraan keuangan jangka panjang untuk mendukung mereka. Meskipun mereka tidak pernah bisa seakurat Perkiraan jangka pendek, mereka sering lebih baik daripada tidak sama sekali. Sama seperti dengan perkiraan keuangan jangka pendek, Anda dapat meramalkan semua jenis data keuangan baik ke masa depan. Berikut adalah beberapa jenis yang paling populer dari subjek data keuangan untuk melihat jangka panjang:

  • Tunai
  • Penjualan atau pendapatan
  • Laba rugi (laporan laba rugi)
  • Aset, kewajiban, dan kekayaan bersih (neraca)

Meskipun jarak perkiraan dapat membantu anda mendukung rencana jangka panjang anda, lebih jauh dari perkiraan anda, angka anda kemungkinan besar tidak akan akurat. Itulah mengapa pentingnya dasar perkiraan anda pada jumlah pendapatan dan pemahaman tentang tren bisnis.

Perkiraan keuangan jangka panjang terdiri dari banyak informasi yang sama seperti Perkiraan jangka pendek, hanya dengan langkah lebih lama. Langkah ini lagi membutuhkan perhatian terhadap tren jangka panjang di pasar dan teknologi, dan kemungkinan perubahan yang lebih besar. Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun yang akurat, Perkiraan keuangan jangka panjang:

  • Carilah tren jangka panjang dalam pendapatan dan biaya. Apakah pendapatan dan pengeluaran tren Anda secara bertahap naik atau turun selama periode lima tahun atau lebih? Grafik tren ini sebagai grafik dan membuat tebakan ke mana tren akan memimpin di masa depan.
  • Tentukan apakah ada siklus bisnis. Sebuah siklus bisnis adalah variasi periodik dalam kegiatan ekonomi bisnis anda, yang dihasilkan dari hal-hal seperti permintaan konsumen, yang akan naik dalam mengantisipasi liburan dan kemudian secepatnya mencegah penurunan. Banyak bisnis dan pasar melalui siklus bisnis biasa. Dengan melihat gambaran besar, Anda harus dapat memilih siklus dan faktor mereka ke Perkiraan keuangan jangka panjang
  • Mencari tahu apa jenis peristiwa acak yang paling mungkin untuk mengganggu tren jangka panjang pendapatan dan biaya. Apa yang akan terjadi jika perusahaan anda membeli pesaing utama? Bagaimana yang akan mempengaruhi beban dan pendapatan? Bagaimana jika pesaing mengembangkan proses baru yang memotong biaya produksinya sampai setengah? Peristiwa acak hanya secara alami, mereka sulit untuk diprediksi, jika anda melihat uraian mereka ke prakiraan keuangan jangka panjang anda, perkiraan anda akan lebih akurat.

Perkiraan Kas

Sejauh perkiraan yang paling penting bagi kebanyakan perusahaan adalah perkiraan kas (seperti yang Anda lihat, jenis perkiraan muncul di kedua prediksi jangka pendek dan jangka panjang). Dalam bisnis, uang membuat ‘pergi keliling dunia. Khusus perusahaan yang baru berkembang, uang tunai, atau kekurangan itu, dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan.

Gambar 1 adalah contoh dari jenis penyederhanaan kas dan perkirakan perusahaan pada umumnya dalam menggunakannya secara teratur. Frekuensi pelaporan tergantung pada kebutuhan bisnis dan pentingnya menjaga tab pada posisi kas. Untuk beberapa perusahaan, “reguler” berarti harian atau mingguan. Bagi orang lain, itu berarti bulanan, kuartalan, atau bahkan lebih lama. Perkiraan kas pada Gambar 1 adalah untuk bisnis yang menyediakan teknisi perangkat lunak langsung ke 500 perusahaan terbaik di berbagai lokasi di seluruh Indonesia. Teknisi perangkat lunak produk utama perusahaan, serta beban utama. Dalam contoh ini, perusahaan membayar karyawan mingguan tapi menerima pembayaran dari klien hanya sekali setiap bulan.

Seperti yang Anda lihat, di setiap tiga minggu pertama bulan itu, perusahaan menimbulkan arus kas negatif sebesar 20.000.000 mengumpulkan sampai 60.000.000 pada akhir minggu ketiga. Namun, ketika klien membuat pembayaran dalam empat minggu 150.000.000 arus kas masuk yang positif dalam sekala besar – sebesar 70.000.000 Sekarang, bayangkan bagaimana perkiraan kas perusahaan terlihat seperti ketika menambahkan semua 14 klien ke dalam gabungan!

Menggunakan perkiraan kas yang sama, perusahaan dapat menentukan kapan mereka akan mengambil lebih banyak uang daripada mereka membayar untuk memenuhi kewajiban mereka. Mereka dapat menggunakan pengetahuan ini untuk membimbing banyak keputusan, seperti

  • Kapan dan berapa banyak untuk membayar vendor
  • Dengan tingkat kenyamanan apa agar persediaan tetap bisa tersedia
  • Waktunya berinvestasi pada peralatan modal

 

 

__._,_.___


by: vmc_value@yahoo.co.id

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger