Stress dan Secangkir Minuman Manis

Benarkah hanya dengan secangkir minuman manis dapat mengurangi stresss di tempat kerja? 

Para psiklog sosial dari Universitas New South Wales and Queensland, Australia membuat satu eksperimen terhadap dua orang. Orang pertama diberi minuman dengan gula sebagai pemanisnya, sedangkan orang kedua diberi minuman dengan pemanis buatan. Setelah meminum mnuman tersebut, keduanya diberi tugas yang cukup menantang kemudian dipersilahkan untuk melakukan presentasi dimana para pendengar memberikan kritikan dan komentar yang cukup membuat emosi menjadi panas selama mereka melakukan presentasi.  Hasilnya sebagimana yang sudah diterbitkan pada the Journal of Experimental Social Psychology, orang yang meminum minuman dengan pemanis gula lebih dapat menahan marah dan bekerja serta melakukan presentasi dengan baik dalam kondisi tertekan dari pada orang kedua yang meminum minuman dengan pemanis buatan. 

Para psikolog tersebut menyatakan bahwa gula dapat menyuplai kebutuhan otak untuk digunakan sebagai pemicu kontrol emosi agar tetap tenang menghadapi kondisi yang dapat memicu emosi atau kemarahan kemudian dapat berujung pada kondisi stress di tempat kerja. 

Ahli gizi dari California Dr. Douglas Husbands, melengkapi hasil eksperimen tersebut dengan pernyatannya yang menjelaskan bahwa gula dalam minuman manis tersebut memang dapat mengurangi stress dan meningkatkan kinerja walaupun hanya untuk sementara waktu. Dr. Douglas Husbands juga menyarankan cemilan manis selain minuman manis, seperti buah denga kadar gula yang proporsional seperti apel, anggur, cheri, kacang kenari (walnuts), dan snack manis lainnya yang menggunakan gula asli sebaga pemanis. 

Semoga cara menguangi stress sementara ini dapat diterapkan juga di rumah selain di tempat kerja. 

Jangan lupa yang manis manis dan tetap bersikap manis…J

 

Salam Safety

 

Sumber: www.lorco.co.id

Ditulis oleh Widi Safari untuk rekan rekan milis . Kami tunggu komentar rekan rekan semua di: www.lorco.co.id

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger