MENGAPA TAKUT BERMIMPI?

On Behalf Of Fikri Wardana

 

Goals bukanlah sekedar mimpi-mimpi yang indah belaka, goals adalah cita-cita yang disertai tindakan-tindakan yang jelas untuk mencapainya. Memiliki goals berarti merancang masa depan, sehingga tidak berkeliaran tanpa ujung pangkal. Goals harus dicatat yang jelas & spesifik. Meski goals adalah sesuatu yang penting namun kenyataannya tidak semua orang memilikinya. Dan yang mempunyainyapun belum tentu mencatat dengan jelas dan spesifik.

 

Beberapa alasan kenapa banyak orang tidak punya goals:

  1. Tidak serius mau meraih cita-citanya. Karena merasa keinginannya banyak sekali sehingga tidak pernah fokus, dan tentu saja menjadi tidak serius mau meraih goals yang mana dahulu. Bahkan ia sendiri merasa sulit menentukan prioritas cita-cita yang mau diraih terlebih dahulu. Hal ini membuat orang semakin tersamar terhadap cita-cita yang lebih utama.
  2. Tidak mengerti tentang pentingnya goals. Dianggapannya hidup tinggal menjalaninya saja, jadi tidak perlu menentukan arah yang pasti tujuan perjalanan hidupnya. Selalu berpikiran bahwa Tuhan yang menjalankan kehidupannya, jadi semua sudah diatur dari atas.
  3. Tidak tahu cara menentukan goals. Karena selama ini tidak pernah ada orang yang menyampaikan teknis cara menentukannya. Kalau menentukan tanpa cara yang benar takut menjadi bahan tertawaan orang lain.
  4. Takut ditertawakan orang jika tidak tercapai. Ada orang tertentu yang merasa menjadi bahan tertawaan orang lain jika tidak mencapai target / goals nya. Oleh karena itu ia tidak pernah membuat apalagi mencatat target agar tidak malu jika tidak tercapai. Sehingga tidak seorangpun tahu goal nya dan tentu saja takakan ada yang menertawakannya jika gagal.
  5. Takut kegagalan. Orang yang selalu berpikiran negatif sering terbelenggu dengan pikiran negatifnya saja. Sering menjadi ketakutan sendiri kalau akan gagal. Sayang sekali ia tidak berpikir takut sukses!

 

Bagaimana cara menentukan goals?

Menentukan suatu goals / target / sasaran hidup adalah sesuatu yang mudah. Bukan merupakan hal yang sangat sulit, karena hidup ini sendiri sudah ada yang mengatakan sulit. Ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum menentukan goals yang harus dicapai. Cara menentukan goals ini telah penulis uraikan secara lengkap dalam buku yang berjudul ’Rahasia Sukses Sales Supervisor Andal’.

 

Dalam proses penentuan goals, ada 5 pertanyaan kunci di bawah ini yang harus dijawab:

·           Dimana posisi kita sekarang?

·           Kemana tujuan kita?

·           Bagaimana cara mencapainya?

·           Apa rencana yang lebih detil?

·           Apakah tindakan kita sudah tepat?

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger