Bisakah Penghasilan Anda Naik 7 Kali Lipat dalam Periode 15 Tahun?

On Behalf Of vmc_value@yahoo.co.id

Sumber : http://strategimanajemen.net/2013/10/27/bisakah-penghasilan-anda-naik-7-kali-lipat-dalam-periode-15-tahun/#more-1360

Dimana-mana, sepertinya tren bisnis terus bergerak naik. Penjualan mobil kian meningkat. Penjualan motor dan gadget android terus melangit. Pengunjung mal juga terus merayap naik. Ya, dimana-mana semua serba naik, kecuali satu hal : pendapatan dan gaji kebanyakan orang kok tetap stagnan.

Jadi : bisakah Anda meningkatkan income Anda 7 kali lipat dalam periode 15 tahun? Artinya, jika income Anda sekarang Rp 5 juta/bulan, lima belas tahun lagi harus menjadi Rp 35 juta/bulan. Kalau sekarang sudah 10 juta/bulan, berarti harus meningkat ke angka 70 juta/bulan.

Jika Anda merasa tidak sanggup, sorry, berarti prestasi Anda “dibawah rata-rata prestasi nasional”. Lho, kenapa bisa begitu?

Naik 7 kali lipat dalam kurun 15 tahun. Inilah saudara-saudara, pertumbuhan GDP per kapita ekonomi Indonesia dalam 15 tahun terakhir. Sebuah pencapaian yang impresif, dan membuat saya cukup terkejut.

Berikut datanya. GDP Per Kapita Indonesia tahun 1998 = USD 459. GDP Per Kapita Indonesia tahun 2013 = USD 3600. Naik lebih dari 7 kali lipat dalam 15 tahun (!)

Ibarat orang gajian, pendapatan ekonomi Indonesia naik 7 kali lipat dalam 15 tahun. Ibarat sebuah perusahaan, maka “Indonesian Incorporated”, omzetnya naik 7 kali dalam 15 tahun.

Berikut data lebih detil pertumbuhan impresif GDP Per Kapita Indonesia 1998 – 2013 :

1998 USD 459
2000 USD 773

2005 USD 1,257
2010 USD 2,951

2013 USD 3,600

Dalam bahasa bisnis, GDP bisa diartikan sebagai jumlah produksi/output total yang dihasilkan sebuah perusahaan, dan lalu dinilai dalam bentuk uang. Outputnya bisa berupa sepatu, tas, laptop atau apapun.

GDP Per Kapita artinya total output perusahan itu kemudian dibagi dengan jumlah total karyawan yang bekerja didalamnya. Bahasa KPI-nya : jumlah ton produksi/karyawan.

Dan seperti yang dapat dilihat pada data diatas, secara agregat, total produksi ekonomi Indonesia terus tumbuh dengan cemerlang.

Naik 7 kali lipat dalam periode 15 tahun adalah prestasi yang cukup mencengangkan. Itulah kenapa, banyak lembaga dunia, memprediksi ekonomi Indonesia akan berada pada peringkat 7 dunia pada tahun 2030.

Siapa yang menggerakkan laju ekonomi yang impresif itu? Ya, para pelaku bisnis di sekitar kita. Para pemilik bisnis dimana kita bekerja untuknya. Di kantor-kantor. Di pabrik-pabrik.

Dan sekali lagi, seperti data yang tercantum diatas, pertumbuhan output ekonomi Indonesia naik 7 kali lipat 15 tahun. Inilah angka rata-rata nasional.

Pertanyaannya simpel : apakah income Anda telah tumbuh 7 kali lipat dalam periode 15 tahun belakangan ini? Jika kenaikannya tidak sampai 7 kali lipat, berarti laju Anda dibawah rata-rata pertumbuhan nasional.

Untuk para pelaku bisnis, juga sama pertanyaannya : apakah omzet bisnis Anda bisa tumbuh 7 kali lipat dalam 15 tahun terakhir? Jika tidak, maka prestasi bisnis Anda lebih buruk dari rata-rata nasional.

Siapa yang paling menikmati pertumbuhan 7 kali lipat itu, bahkan melampauinya?

Jawabnya sederhana : mereka yang punya insting bisnis yang tajam, dan gigih memperjuangkan bisnisnya.

Bukan yang hanya bisa mengumpat kesana kemari, atau yang hanya berteriak-teriak melihat “berita buruk” di TV dan di koran. Atau cuma bengong tak tahu harus berbuat apa.

Kini yang dibutuhkan memang bukan hanya mengumpat dan berkeluh kesah (kenapa sih gaji gue ndak naik-naik). Yang diperlukan adalah visi hidup yang jelas, dan kompetensi andal untuk mewujudkan visi itu.

Sebab hanya dengan itu, income Anda bisa naik 7 kali lipat dalam 15 tahun ke depan. Dan bukan terus termehek-mehek digilas roda kemajuan zaman.

Selamat berjuang. Saya akan terus menulis, dan 15 tahun lagi, akan menanyakan hasil prestasi Anda.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger