Menciptakan Sebuah Kenangan Indah

Ken Blanchard, penulis buku terkenal "One Minute Manager", pada suatu saat
membagikan sebuah kisah tentang apa yang dapat terjadi ketika para karyawan
di sebuah perusahaan meniru gaya kepemimpinan yang melayani, tak peduli
posisi karyawan tersebut di dalam hierarki organisasi.

Seorang konsultan bisnis sedang melatih lebih dari 3.000 karyawan di sebuah
grup supermarket di wilayah Barat Tengah Amerika Serikat, agar mereka
bekerja dengan tujuan untuk menciptakan kenangan bagi para pelanggan mereka.

Johnny, 19 tahun, adalah seorang petugas di bagian pembungkusan barang
belanja yang memiliki penyakit down syndrome. Tanggapannya yang pertama
terhadap nasihat konsultan itu adalah, "Saya ini hanya seorang petugas di
bagian pembungkus". Walaupun demikian, ketika ia pulang ke rumahnya ia
membagikan perkataan konsultan itu dengan ibunya. Mereka mulai merenungkan
apa yang dikatakan konsultan itu tentang bagaimana menciptakan kenangan
indah bagi para pelanggan. Johnny mempunyai kebiasaan mengumpulkan
kisah-kisah penuh inspirasi yang ia sering baca. Ia memutuskan bahwa ia akan
mulai mencetak perkataan-perkataan inspirasional itu dan menaruh kertas
inspiratif itu di kantong belanjaan pelanggannya. Ketika para pelanggan
datang melewati jalur pembayaran dan Johnny membungkus barang belanjaan
mereka, tak lupa Johnny menaruh kertas inspiratif itu di kantong belanjaan
mereka, sambil berkata, "Saya sudah menaruh beberapa kisah inspiratif di
dalam kantong ini dengan harapan hal itu dapat menambah semangat anda hari
ini. Terima kasih karena anda belanja di sini."

Setelah berlangsung beberapa minggu, sesuatu yang luar biasa mulai terjadi.
Pada suatu hari manajer toko memperhatikan bahwa semua pelanggan mengantri
di satu kasir saja, sedangkan kasir lainnya kosong. Ia mulai panik, mengira
bahwa mesin-mesin kasir lain sedang rusak. Setelah diselidiki ternyata bukan
itu masalahnya. Sesungguhnya, para pelanggan ingin melewati konter Johnny
agar mendapatkan kisah inspiratif untuk hari itu.

Seorang wanita mendatangi manajer toko itu dan berkata, "Biasanya saya
belanja ke sini seminggu sekali, tetapi sekarang saya datang setiap hari."

Teladan Johnny menyebar ke departemen lain di supermarket itu. Bagian
penjualan bunga membagikan sekuntum bunga kepada setiap pembeli bunga.
Bagian penjualan daging menempelkan stiker Snoopy dengan ucapan tertentu
yang menarik pada setiap pembelian daging. Tindakan dari seorang petugas
pembungkus belanjaan telah mengubah suasana di supermarket itu.

Apakah anda telah menciptakan kenangan indah kepada orang lain hari ini?

 

Have a positive day! 

 

Salam berbagi,

Mohamad Yunus, CHt, MNLP, CPHR

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger