Mengembangkan Karir

Menurut riset yang dilakukan Brian Tracy dari Brian Tracy International, ternyata 85 persen dari pekerjaan-pekerjaan penting di berbagai perusahaan terisi melalui relasi dan kenalan bukan melalui iklan lowongan kerja. Faktanya, iklan lowongan kerja hanya digunakan untuk posisi atau jabatan yang tidak terlalu penting dan strategis.

Jadi, apabila ada perusahaan membuka iklan lowongan kerja untuk jabatan penting boleh jadi itu hanya untuk pencitraan atau perusahaan itu belum terlalu besar atau perusahaan amburadul. Sekali lagi, lowongan kerja untuk jabatan penting di perusahaan tidak dicari melalui iklan tetapi pertemanan dan relasi yang sudah terbangun.

Untuk itu, bangun pertemanan dengan banyak pihak. Bergabunglah dengan organisasi profesi yang sejalan dengan keahlian Anda atau bergabunglah dengan komunitas yang terus bertumbuh. Tidak hanya bergabung tetapi aktiflah di dalam organisasi tersebut. Akan sangat beda manfaat yang Anda peroleh oleh orang yang hanya seledar menjadi anggota organisasi dengan orang yang terlibat aktif di berbagai kegiatan organisasi.

Donasikan waktu Anda untuk organisasi atau komunitas dimana Anda bergabung di dalamnya. Ajukan diri menjadi panitia atau "seksi sibuk" saat ada kegiatan organisasi atau komunitas. Jangan hanya menjadi pelengkap penderita yang adanya seperti tiada.

Setiap Anda melakukan pekerjaan dengan baik di organisasi atau komunitas Anda maka anggota lain akan mencatatnya di dalam hati. Mereka akan mengingat Anda dan saya yakin suatu saat pasti berguna. Semakin banyak Anda "to give" kelak adan akan mendapatkan banyak hal. Sebaliknya, semakin banyak Anda bermental "to get" maka Anda akan ditinggalkan dan dicampakkan oleh para anggota di organisasi atau komunitas tersebut.

Boleh tahu, di organisasi atau komunitas apa dimana Anda aktif di dalamnya? Apakah organisasi atau komunitas itu berisi orang-orang positif dan sejalan dengan karir Anda?

(Sumber :  JamilAzzaini.com)

__._,_.___


by: PT MAIRODI MANDIRI SEJAHTERA <cahya.mmsbdg@gmail.com>

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger