Menyemangati Karyawan yang malas

PITUDUH Menyemangati Karyawan yang malas:
By: Hari Subagya

1.Beri Target (beri pekerjaan) Jangan hanya di gaji tidak diberi pekerjaan. kasihan dong karyawanya. Makan Gaji buta itu bisa menjadi penyakit.

2.Karyawan juga manusia. Kadang ada permasalahan yg berat dalam rumah tangganya. Bisa keluarga sakit, berantem dengan pasangan atau kasus kasus berat lainya. Sesekali kunjungi rumahnya. Siapa tahu prespektif baru dari sudut pandang rumah akan memotivasinya.

3. Bosan itu manusiawi. Bisa jadi karyawan belum menemukan passionnya maka bosan akan cepat menghampirinya. Job Rotation bisa juga enjadi alternatif yang menarik. COba sekali kali Office Boy suruh jadi manager dan manager suruh jadi office boy. Gajinya tidak usah ditukar! Hahaha

4. Kasih peluang untuk berkembang. Banyak karyawan ingin naik tingkat dan maju, namun terlihat sudah tidak ada peluang. Atasanya sudah betah dan tidak juga naik, maka ini bisa bikin frustasi bawahan yg ingin berkembang. Nah... ikutan pak Joko Wi.. Lelang jabatan seru juga kali ya dalam organisasi seperti kantor kantor swasta.

5. Beri training. Berikan skill baru pengetahuan baru cara baru dan optimisme baru. Nah ini penting karena bisa REFOCUS pada pekerjaanya.

6.Audit tugas dan pekerjaanya. mana yang jalan mana yang macet. Atau buatlah sistem pengukuran dan pemantauan. Cukup merasa diukur dan dimonitor saja orang bisa menjadi lebih rajin.

7. Gunakan Imbalan dan hukuman, kecuali untuk karywan level Sufi.

8. Gunakan... Eiiiittt... maaf kebablasan.. nanti bukan PITU-duh lagi namanya. Bisa jadi Woluduh.
Baik 7 dulu saja, Semoga mendapat inspirasi.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger