SMALL ACTION : BIG RESULT

On Behalf Of Hendro Haryono

 

Beberapa tahun lalu Charles Schwab seorang Direktur perusahaan baja di AS, mengabulkan kesempatan wawancara bagi seorang Konsultan Bisnis bernama Ivy Lee. Lee menjelaskan layanan program perusahaannya kepada Schwab untuk perbaikan sistem perusahaan, tetapi Schwab mengatakan “saya sudah mengetahui dan pernah mendengar itu semua, kami sudah tahu apa yang harus dilakukan, yang kami inginkan adalah lebih banyak Melakukan dari pada mengetahui semua hal itu”. “Jika anda dapat memberi saya suatu sistem untuk membantu saya menyelesaikan hal-hal lebih banyak dalam sehari, saya akan membayar berapapun yang anda minta..!”

            Lee menjawab : “Saya akan memberi anda sebuah sistem. Saya ingin anda menggunakannya selama 30 hari dan kemudian saya ingin anda menyuruh semua orang kunci anda untuk memakai sistem ini selama 30 hari, dan kemudian anda kirim kepada saya selembar cek senilai berapapun yang anda anggap pantas.. Saya hanya akan membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menjelaskan gagasan ini kepada anda”.

 

            Beberapa bulan kemudian Lee menerima selembar cek senilan $25,000 (250 juta) dengan sebuah catatan dari Schwab yang mengakui bahwa ini pelajaran yang paling bagus yang pernah dia pelajari. 5 tahun kemudian perusahan itu menjadi perusahaan baja terbesar di dunia dan Charles Schwab menjadi satu dari dua orang pada waktu itu yang menerima gaji £1,000,000 per tahun.

            Sistem itu seperti hanya semua gagasan besar, sungguh-sungguh sederhana. Anda mungkin kecewa dengan kesederhanaannya. Tetapi jika anda sungguh-sungguh bertekad menjadi seorang profesional sejati, seorang peraih bintang, gunakan sistem ini dan ia sendiri akan membuat anda sekaya yang anda inginkan.

           

Begini gagasannya :

  1. Pada akhir masing-masing hari (sore/malam) buatlah daftar pekerjaan yang perlu anda lakukan hari berikutnya.
  2. Sekarang nomori pekerjaan itu berdasarkan urutan kepentingannya.
  3. Hari berikutnya mulailah dengan nomor 1 dalam daftar itu sampai pekerjaan itu selesai, jangan beranjak ke nomor berikutnya jika belum selesai. Kemudian nomor 2 dan tetap disana sampai pekerjaan itu selesai, lalu nomor 3, dst sampai anda menyelesaikan seluruh daftar itu dengan cara anda.
  4. Akhirnya, saya harus menekankan bahwa penting sekali bagi anda untuk menjalankan sistem ini paling tidak selama 30 hari berturut-turut untuk menjadi kebiasaan.

 

Mengapa Charles Schwab, yang bukan orang bodoh, membayar uang yang begitu besar untuk gagasan sederhana itu ?

Pertama, banyak orang yang membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan, tetapi biasanya mereka membuat daftar pekerjaan mereka pada pagi hari, padahal pagi hari adalah waktu yang paling produktif bagi sebagian besar kita untuk melakukan aktivitas. Mereka menghabiskan jam mereka yang paling segar dengan mencoba memutuskan apa yang akan dilakukan, dan bukan menggunakan waktu tersebut untuk mencapai sesuatu. Jadi selalu lakukan hal itu malam sebelumnya.

Kedua, anda harus menerima bahwa akan ada banyak hari ketika anda tidak akan meyelesaikan daftar itu. Tetapi paling penting adalah apa yang telah dikerjakannya.

Ketiga, anda harus secara fisik mencoret hal-hal tersebut dari daftar begitu anda menyelesaikannya. Anda secara tidak sadar akan menjadi lebih termotivasi.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger