8 Cara Sukses Bekerja dalam Tim

Mampu bekerja dalam tim adalah salah satu syarat yang realtif umum diberlakukan oleh perusahaan dalam mencari karyawan. Oleh karena itu, selain harus mampu bekerja sendiri, kita juga dituntut bekerja secara kelompok dengan kualitas hasil yang sama baiknya dengan bekerja perorangan. Jika masa kerja Anda masih tergolong pendek, hal tersebut memang merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Namun 8 cara dibawah ini bisa membantu Anda agar sukses bekerja dalam tim.

z            Kenali Anggota Tim dengan Baik

Saat berkenalan, dapatkan informasi mengenai teman-teman dalam tim, selain namanya. Misalnya, sudah berapa lama ia bekerja, nomor teleponnya dll. Pastikan Anda tahu bagaimana menyebutkan namanya dengan benar.

z            Temukan kesamaan

Untuk memperlancar komunikasi carilah apa yang menjadi kesamaan antara Anda dan sesama anggota tim. Misalnya saja hobi, makanan favorit, tempat berakhir pekan favorit atau program tv favorit.

z            Hargai Kesempatan Orang Lain Bicara

Meskipun menurut Anda pendapat mereka tidak semua ada 'isinya', namun memotong kalimat seseorang saat ia sedang bicara adalah hal yang kasar. Apalagi jika Anda memotong ucapannya dengan nada tinggi atau dengan suara lebih keras. Cara ini tidak membuat orang bersimpati dengan Anda dan Anda pun menjadi tidak nyaman apabila ide Anda akhirnya tidak diterima.  

z            Bersikap Ramah

Biarpun Anda sedang berbasa-basi menanggapi sebuah pendapat, cobalah untuk berbicara dengan nada ramah. Jika Anda terpaksa harus menanggapi sebuah ide yang Anda anggap kurang masuk akal, lihat dulu sisi baiknya dan utarakan. Setelah itu baru Anda tambahkan keberatan Anda mengenai ide tersebut dan kelemahannya apabila dieksekusi nanti.

z            Tuliskan dan Dokumentasikan

Jangan pernah melanggar peraturan yang satu ini. Jika Anda dipilih sebagai penanggung jawab sebuah proyek, biasakan untuk selalu menuliskan tanggung jawab setiap anggota tim dan distribusikan. Atur jadwal meeting lewat e-mail dan distribusikan pada anggota tim. Jika ada masukan sebelum meeting dari salah satu anggota tim, tuliskan dan distribusikan kembali via e-mail agar semua anggota ter-update dengan baik

z            Bersikap Terbuka dan Jujur

Bicarakan dengan anggota tim yang lain jika Anda menghadapi masalah dalam pengerjaan proyek ini. Bersikap jujur juga merupakan modal bekerja dalam tim. Dengan menggalang kebiasaan ini, Anda akan merasa nyaman ketika berkomunikasi, baik dalam keadaan normal maupun ketika sedang ada masalah.

z            Kontrol Emosi

Tekanan pekerjaan yang tinggi akan mudah memicu timbulnya stress atau rasa lelah sehingga masalahpun akan mudah muncul. Sebaiknya beristirahatlah sejenak bila Anda sudah merasa lelah untuk mengosongkan pikiran sementara. Ingat, pandai mengatur emosi adalah salah satu kunci suksesnya bekerja dalam tim.

z            Tawarkan Pilihan Solusi

Saat menemukan masalah dalam mengolah ide, ajak tim Anda untuk berpikir bersama. Gunakan pilihan kalimat pertanyaan (seperti; "Menurut pendapat saya cara ini adalah cara yang tepat, dengan pertimbangan a, b, c .... Bagaimana menurut teman-teman?" dan bukan seperti; "Bagaimana jika kita memakai cara A, bukan cara B?". Model pertanyaan terakhir hanya akan memperpanjang diskusi karena anggota tim disodorkan pertanyaan bukan Opsi.

Selamat bekerja!

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger