Mengerti dan dimengerti lebih dahulu sebelum berbicara

Mengerti dan dimengerti lebih dahulu sebelum berbicara
 
Prinsip dasar dari komunikasi empati adalah :
Mengerti dan dimengerti lebih dahulu sebelum berbicara
Seorang atasan yang empati, akan berusaha mengerti bawahannya terlebih dahulu di dalam mengevaluasi bawahannya tersebut. Seorang dokter harus
mengerti penyakit pasiennya sebelum memberikan resep.
Sebaliknya seorang atasan akan mengutarakan maksudnya dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh pihak lain.
Dengan komunikasi win-win, orang akan merasa dihargai, membuat orang lain dengan senang hati mengeluarkan isi hatinya, memberi informasi yang berguna,
dan tentu saja akhirnya kita dapat memperoleh pemecahan masalah yang baik.
Dengan komunikasi win-win, kita juga akan semakin menghargai orang lain, karena kita dapat mulai mengerti persepsi orang lain, kita dapat mengerti perasaan
orang lain sesuai dengan keberadaan mereka.
Orang yang berkomunikasi win-win akan memuaskan kedua belah pihak atau lebih yang terlibat dalam konflik. Dengan komunikasi win-win mereka akan
menciptakan komunikasi dan interaksi pada semua pihak dengan memberikan rasa aman dan jauh dari ancaman. Mereka menciptakan suasana saling percaya,
saling menghargai dan saling memperoleh kesempatan untuk dapat mengembangkan potensi mereka.
Pendekatan dengan komunikasi win-win ini biasanya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan strategi-strategi yang lainnya. Karena strategi ini lebih
menonjolkan aspek yang positif dan berusaha untuk menhindari aspek yang negatif.
Tidak semua komunikasi dapat berakhir dengan win-win. Kondisi win-win akan tercapai bila ada suatu celah atau alternatif penyelesaian yang dapat
memuaskan semua belah pihak. Strategi win-win berusaha mencari celah atau alternatif tersebut.
Strategi win-win, merupakan salah satu dari 4 kemungkinan dari hasil dalam interaks. Kemungkinan-kemungkinan tersebut adalah:
• Win-win atau menang-menang
• Win-lost atau menag-kalah
• Lost-win atau kalah-menang
• Lost-lost atau kalah-kalah
Tanda-tanda hasil dari komunikasi win-win adalah sebagai berikut:
1. Kedua belah pihak merasa bahwa proses negoisasi menggunakan cara yang efisien.
2. Kedua belah pihak merasa puas, walaupun sebenarnya mereka menginginkan mendapat lebih baik. Mereka merasa bahwa tujuan mayoritas terpenuhi.
3. Kedua belah pihak tidak merasa tersinggung kehormatannya.
4. Keduanya tidak merasa keberatan untuk melakukan transaksi yang sama apabila diperlukan.
Paradigma untuk bernegosiasi, dipengaruhi oleh kemampuan dan kedewasaan. Semakin tinggi kemampuan dan kedewasaan seseorang, maka dia akan mampu
untuk menerapkan strategi win-win.
Orang yang memiliki kemampuan tinggi, namun memiliki kedewasaan yang rendah cenderung untuk menang sendiri.
Orang yang memiliki kemampuan rendah akan cenderung kalah, walaupun dia memiliki kedewasaan yang memadai.
Dan orang yang memiliki kemampuan dan kedewasaan yang rendah cenderung untuk sama-sama kalah.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger